25 radar bogor

Puncak Peringatan HUT RI, RW dan Pemuda Kampung Sawah Jasinga Gelar Khitanan Massal

 

Para peserta khitanan massal RW 01 Kampung Sawah Desa Pamagersari Jasinga foto bersama panitia dan tokoh masyarakat setempat. (foto istimewa)

JASINGA- RADAR BOGOR, Keriuhan dan tangisan terdengar di area Posyandu Putri Sulung RW 01, Desa Pamagersari, Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor, Sabtu (4/9) pagi. Ternyata, tangisan itu bersumber dari belasan anak yang mengikuti khitanan massal. Acara tersebut, merupakan puncak kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI yang dilaksanakan para pemuda di RW 01 Kampung Sawah, Desa Pamagersari, Jasinga.

Dengan tetap memperhatikan prokes, 13 anak yang menjadi peserta khitanan massal satu persatu masuk ke ruangan yang sudah disediakan dan ditangani tim medis dari Puskesmas Jasinga.

Namun, tangisan anak-anak ini tak berlangsung lama, karena setelah dikhitan mereka juga mendapat bingkisan dari panitia. Mulai dari baju muslim, sandal, peci dan uang. Bahkan tak sedikit dari warga sekitar, yang ikut memberikan amplop untuk peserta khitanan massal.

Menurut Ketua Panitia Rizki Ridlotillah, sebetulnya acara khitanan massal merupakan program rutin RW setiap tahun. “Hanya saja tahun ini bersamaan dengan peringatan HUT Kemerdekaan, sehingga kami dari panitia Agustusan ikut dilibatkan,” terangnya. Bahkan, warga yang ikut selalu antusias. Tahun lalu saja, bisa mencapai 25 orang. “Sekarang hanya 13 anak, sebagian warga belum mau karena rata-rata anak mereka masih kecil,” ujarnya.

Selain khitanan massal, kegiatan Agustusan yang sempat digelar di lingkungan RW 01 Kampung Sawah Desa Pamagersari ini cukup banyak, terutama lomba-lomba khas Agustusan. “Tapi kami tetap menerapkan prokes, seperti menyediakan masker bagi warga yang tidak pakai dan tempat mencuci tangan,” tukasnya.

Rizki juga menghaturkan terima kasih atas partisipasi semua warga RW 01 dan para donatur, yang sudah menyukseskan acara-acara HUT RI di wilayahnya.

Sementara itu Ketua RW 01 yang biasa dipanggil Agus Utu mengatakan, jika khitanan massal sudah jadi kegiatan rutin RW 01 setiap tahun sejak 2012 dan selalu menjadi acara puncak penutupan HUT RI.

“Alhamdulillah, acara berjalan lancar. 13 anak sudah dikhitan, mudah-mudahan tahun depan peserta bisa bertambah lagi begitupun dengan para donatur. Kami mengucapkan terima kasih untuk warga RW 01, perwakilan desa serta Puskesmas Jasinga,” pungkasnya. (pia)