25 radar bogor

Terdampak Pandemi, IKEA Sentul City Dijual. Segini Harganya!

IKEA Sentul City
IKEA Sentul City
IKEA Sentul City
IKEA Sentul City

JAKARTA-RADAR BOGOR, PT Hero Supermarket Tbk (HERO) menjual salah satu aset yaitu tanah dan bangunan IKEA Sentul City di Bogor kepada PT Archipelago Development (APD) seharga Rp 280 miliar.

Mengutip keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), transaksi tersebut merupakan transaksi jual beli yang bersifat afiliasi. Sebab, kedua perusahaan memiliki pemegang saham yang sama yakni Mulgrave Corporation B.V dan The Dairy Farm Company Ltd.

Dalam keterangannya, dijelaskan bahwa IKEA Sentul City sendiri saat ini disewakan kepada anak perusahaan HERO yakni RUMAH melalui perjanjian sewa-menyewa. Setelah melalui negosiasi, akhirnya perusahaan menjual IKEA Sentul City kepada APD, yang nantinya akan disewakan lagi kepada RUMAH.

Transaksi ini akan memberikan Perseroan kemampuan untuk memonetisasi aset yang tidak likuid dengan nilai pasar wajar dan memberikan fleksibilitas neraca tambahan kepada Perseroan.

Manajemen Hero Supermarket menjelaskan, alasan penjualan IKEA Sentul City tersebut akibat dari masa sulit akibat pandemi Covid-19. Adapun neraca keuangan HERO anjlok setahun terakhir dengan membukukan posisi kas bersih sebesar Rp 168 miliar pada 31 Desember 2020 dan selanjutnya melaporkan posisi utang bersih sebesar Rp 463 miliar pada 31 Desember 2020.

Hasil dari transaksi afiliasi ini, nantinya, akan digunakan Hero Supermarket untuk mengurangi fasilitas pinjaman dan mendukung kebutuhan modal kerja dan operasional Perseroan.

Harapannya, dapat memberikan dampak positif terhadap kondisi keuangan Perseroan dari hasil pembayaran utang serta memberikan Perseroan fleksibilitas keuangan untuk mendukung inisiatif pertumbuhan di masa depan.

Manajemen juga sudah mengumumkan bahwa perusahaan akan fokus meningkatkan investasinya di IKEA, Guardian dan Hero Supermarket setelah memutuskan untuk menutup semua jaringan Giant. Perusahaan diharapkan dapat membukukan pendapatan dari penjualan aset IKEA Sentul City yang akan meningkatkan nilai buku ekuitas di neraca Perseroan. (jpc)

Editor : Yosep