25 radar bogor

Jadi Relawan Non-Nakes, Mahasiswa Bantu Serbuan Vaksin Drive Thru di Tol Jagorawi

Petugas medis saat vaksinasi pengguna jalan Tol Jagorawi, Rabu (1/9/2021). HENDI/RADAR BOGOR
Petugas medis saat vaksinasi pengguna jalan Tol Jagorawi, Rabu (1/9/2021). HENDI/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Markas Besar (Mabes) TNI dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk berkolaborasi menggelar Vaksinasi Drive Thru di Jalan Tol Jagorawi (Jakarta Bogor Ciawi).

Gelaran vaksinasi ini menggandeng perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) sejumlah universitas.

“Dalam penyelenggaraan vaksinasi kali ini, kita ikut membantu dalam kerelawanan non-nakes. Misalnya registrasi, pengatur alur atau runner, data check out, kita bantu di lima titik,” kata Ketua BEM Universitas Indonesia (UI) Leon Alvinda Putra, Rabu (1/9).

Menurut Leon, sejumlah kampus terlibat dalam kerelawanan vaksinasi ini. Jumlahnya dari seluruh mahasiswa sekitar 50 orang. “Kalau per hari ada 26 orang. Mereka dibagi shift karena ada kuliah juga,” kata Leon.

Ia mengatakan aksi ini bentuk sikap terjun langsung mahasiswa dalam membantu penanganan Covid-19. Meski demikian, tetap kritis dalam menyikapi penanganan Covid-19.

“Selama ada kesempatan bagi mahasiswa untuk terlibat langsung dalam pelaksanaan vaksinasi misalnya, tentu kita berharap teman-teman bisa atau mau bergabung,” cetusnya.

Sementara pihak Perwakilan Mabes TNI Kolonel Piter Dwi Ardianto menambahkan, sengaja mengikutsertakan para mahasiswa untuk menjadi relawan non-nakes.

“Saya berharap vaksinasi berlangsung berjalan lancar dan tak ada hambatan,” tambahnya.

Pantauan di lapangan, vaksinasi dilakukan di dua arah. Dari Jakarta arah Bogor atau Ciawi, lokasi vaksin drive thru digelar di Eks Gerbang Tol Cibubur Utama KM 14, berupa vaksin Pfizer.

Sementara dari Bogor arah ke Jakarta, lokasi vaksin digelar di eks Gerbang Tol (GT) Cimanggis Utama KM 18. Vaksin yang diberikan berupa Sinovac.

Untuk pendaftaran dari Bogor menuju Jakarta di Rest Area Km 38+200 B dan Rest Area Km 21+400 B. Sedangkan
arah Jakarta ke Bogor, masyarakat wajib melakukan registrasi online atau di KM 10. (abi)

Editor : Yosep