25 radar bogor

Awas, Jalan di Atas Underpass Solis Amblas. Begini Kondisinya..Ngeri!

Ruas Jalan Underpass Soleh Iskandar yang amblas. SOFYANSYAH/RADAR BOGOR
Kondisi ruas jalan di atas Underpass Soleh Iskandar yang amblas. SOFYANSYAH/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Bagi anda yang kerap melintas di ruas Jalan Soleh Iskandar tepatnya di atas underpass menuju Cilebut atau Kebon Pedes harus ekstra hati-hati. Pasalnya, jalan nasional itu mengalami amblas cukup dalam.

Berdasarkan pantauan di lapangan, selain amblas jalan juga sudah terlihat retak-retak sehingga cukup membahayakan pengendara. Pada di sisi kanan terdapat pembatas jalur utama dengan underpass. Kemudian, di sisi kiri berbatasan langsung dengan jurang.

Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta – Jawa Barat meninjau langsung Jalan Underpass Soleh Iskandar yang amblas, Selasa (31/8/2021).

Rencananya, BBPJN DKI Jakarta-Jawa Barat akan memasang plat baja untuk penanganan sementara jalan yang amblas tersebut.

Kepala Pengawas Lapangan PPK 5.2 BBPJN Arimi Indira mengatakan, secepatnya akan memasang baja sebagai upaya penanganan sementara, agar jalan tak semakin amblas.

“Kami akan memasang plat baja untuk membantu mengurangi beban dinding penahan tanah,” kata Indri-sapaanya saat meninjau lokasi, Selasa (31/8/2021).

Kemudian, penanganan jangka panjangnya, BBPJN DKI Jakarta-Jawa Barat mengajukan anggaran perbaikan jalan yang ditargetkan dilakukan pada 2022.

“Nanti tim teknis kami akan melihat lebih lanjut penanganannya. Apakah akan dilaksanakan tahun ini atau tahun depan,” katanya.

Arimi mengatakan, penurunan tanah yang menyebabkan jalan amblas dikarenakan dinding penahan tanah sudah tak kuat menahan beban kendaraan yang melintas.

“Tanahnya turun, kemudian jalannya turun. Kami akan cek, apakah dinding penahanya masih kuat,” ucap Indri.

Penurunan tanah yang terjadi diperkirakan sekitar 60 centimeter. Rencananya, sebagian ruas jalan tersebut akan ditutup.

“Untuk penutupan sebagian jalan, akan dibicarakan lebih lanjut, kami menunggu tim teknis,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto meminta agar BBPJN DKI Jakarta-Jawa Barat memasang pengaman pada lajur jalan sebelah kiri yang amblas, agar tak dilalui kendaraan yang melintas.

“Sebenarnya ini sudah direncanakan dari beberapa tahun sebelumnya. Namun, hari ini ada penurunan yang lebih tajam, sehingga harus dilakukan pengamanan jalan yang paling pinggir agar tidak terjadi korban,” kata Atang didampingi Anggota DPRD Kota Bogor Fraksi PKS Karnain dan Mardianto.

Atang pun meminta agar pemerintah pusat melakukan upaya sementara, dan untuk perbaikan jalan akan diusulkan pada anggatan 2022.

Politisi PKS yang sempat melihat kondisi bagian bawah jalan menyebut ada keretakan pada dinding penahan tanah, sedangkan jalur tersebut termasuk aktif sehingga tanah bergeser.

“Intinya, PUPR Pusat sudah turun tangan dan akan segera dilakukan langkah darurat, untuk penanganan sementara. Tahun 2022 bisa dianggarkan untuk perbaikan secara menyeluruh,” imbuhnya.

Atang juga akan berkoordinasi dengan DPR RI Komisi 5 agar menjadi perhatian serius untuk mendorong anggaran perbaikan.(ded)

Editor : Yosep