25 radar bogor

Xiaomi Catatkan Performa Bisnis Cemerlang Sepanjang Q2 2021

Xiaomi luncurkan produk baru

RADAR BOGOR, Xiaomi mengumumkan kinerja keuangannya sepanjang kuartal dua (Q2) 2021 dengan hasil positif dengan laba meningkat 87,4 persen dibandingkan periode serupa tahun lalu. Hasil menggembirakan ini diraih berkat model bisnis yang apik serta kokohnya operasional perusahaan.

Sepanjang kuartal kedua 2021, Xiaomi juga membukukan total pendapatan mencapai CNY 87,8 miliar atau berkisar lebih dari Rp 197 triliun, tumbuh 64 persen Year on Year (YoY) sedangkan laba bersih pada periode yang sama mencapai CNY 6,3 miliar (setara Rp 14 triliun) atau naik 87,4 persen YoY.

Peringkat pengapalan smartphone global naik ke nomor dua. Bisnis smartphone mencatatkan pertumbuhan yang signifikan pada kuartal II 2021, tercermin dari pendapatan dari smartphone serta jumlah yang dikapalkan.

Pendapatan dari bisnis smartphone dilaporkan naik sebesar 86,8 persen YoY. Dalam periode tersebut, pengapalan smartphone Xiaomi secara global mencapai 52,9 juta unit atau naik 86,8 persen YoY berdasarkan laporan dari Canalys.

Selain ponsel pintar, dalam periode ini, Xiaomi juga dilaporkan unggul untuk pengapalan global perangkat smart TV dengan melampaui 2,5 juta unit dan berhasil mempertahankan posisi paling depan.

Berdasarkan laporan dari All View Cloud, pengapalan TV pintar menempati peringkat nomor satu untuk 10 kuartal dan tetap pada peringkat lima besar global.

Di bisnis lainnya yakni bisnis layanan internet, Xiaomi dilaporkan berhasil mempertahankan momentum pertumbuhan dengan pendapatan yang dicatatkan sebesar CNY 7 miliar atau setara Rp 15,5 triliun yang menunjukkan pertumbuhan 19,1 persen YoY pada Q2 2021.

Jumlah pengguna terus meningkat pesat dan mencatatkan pertumbuhan tertinggi di Q2 2021. Pada bulan Juni 2021, pengguna aktif bulanan atau Monthly Active User (MAU) dari MIUI meningkat 32,1 persen menjadi 453,8 juta pengguna, sementara dari Tiongkok sendiri sebanyak 124 juta.

Pendapatan dari pasar luar Tiongkok pada Q2 2021 naik 81,6 persen YoY. Berdasarkan laporan dari Canalys, pangsa pasar Xiaomi ada di lima besar di 65 pasar dan nomor 1 di 22 pasar yang 10 diantaranya mencapai peringkat satu untuk pertama kalinya.

Asia Tenggara disebut dalam laporan keuangan ini melalui performa yang luar biasa selama kuartal kedua. Xiaomi menempati peringkat pertama di Asia Tenggara dengan pangsa pasar 28,2 persen.

Bulan Juli 2021, Xiaomi memulai pembangunan pabrik pintar Changping yang terletak di Distrik Changping di Beijing, Tiongkok. Pabrik ini direncanakan untuk memiliki kapasitas produksi tahunan hingga 10 juta unit smartphone premium.

Pabrik pintar seperti ini diyakini bakal berperan penting dalam meningkatkan teknologi dan mendorong efisiensi. (Jawapos)