25 radar bogor

Jalin Kerjasama HIPMI UNBIN, Perkuat Program Kampus Merdeka

Universitas Binaniaga Indonesia (UNBIN) Kota Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kota Bogor menjalin kerjasama terkait dengan program magang dengan Universitas Binaniaga Indonesia (UNBIN) Kota Bogor.

Bentuk kerja sama lainnya menyangkut pelaksanaan kegiatan untuk pemenuhan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

MKBM diketahui diluncurkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim awal 2020.

Ketua Umum HIPMI Kota Bogor, Zulfikar Priatna melalui Wakil Ketua Umum HPMI Kota Bogor Marwan Suherwan mengatakan kerjasama dengan UNBIN ini merupakan kerjasama program magang, HIPMI Kota Bogor akan membantu memfasilitasi mahasiswa UNBIN dalam kegiatan pembelajaran.

Selain itu, kata Marwan, selain magang HIPMI juga akan melakukan pelatihan dan seminar dengan narasumber dari para anggota HIPMI Kota Bogor.

“Magang ini bukan hanya sekedar belajar bekerja, tapi agar mereka (mahasiswa) mempunyai motivasi untuk menjadi seorang pengusaha. Jadi ketika lulus kuliah mereka tidak jadi pekerja tapi termotivasi menjadi pengusaha,” ucap Marwan kepada wartawan.

Dengan demikian, lanjut Marwan dengan program magang ini, nantinya para mahasiswa akan lebih senang menginplementasikan materi-materi yang didapatkan dari kampus.

“Setelah magang, mahasiswa tersebut bagaimana implementasinya dari yang mereka dapatkan dari pengusaha langsung,” katanya.

Sementara, Rektor UNBIN Kota Bogor, Ismulyana Djan menuturkan penandatanganan MoU dengan HIPMI ini merupakan suatu langkah baik untuk UNBIN yang telah menerapkan merdeka belajar.

“Semoga kerjasama ini menjadi awal menyelesaikan solusi dengan kurikul merdeka belajar, dan kampus merdeka seperti yang diamanatkan oleh kementrian pendidikan,” ungkap Rektor UNBIN Kota Bogor.

Kerjasama ini, lanjut dia, akan menjadi solusi yang baik bagi UNBIN Kota Bogor. Selain itu dia juga berharap kerjasama ini bukan sekedar kesepakatan dalam secarik kertas, tapi ada kerjasama yang lebih detail lagi kedepannya.

“Di kita (UNBIN) setiap mahasiswa memiliki 8 semester diantaranya 2 semester harus magang diluar. HIPMI sebagai himpunan pengusaha muda merupakan ladang belajar bagi para mahasiswa, nanti setelah pulang lagi ke kampus kita coba kurikulum apa yang bisa disamakan dengan pembelajaran saat magang,” jelasnya.

Penandatangan yang dilakukan oleh Ketua HIPMI Kota Bogor Zulfikar Priyatna dan Rektor Unbin Kota Bogor Dr. Ismulyana Djan ini dilakukan di Kampus Unbin Kota Bogor, Jalan Pajajaran, Kelurahan Bantarjati, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, akhir pekan kemarin.

Reporter: Dede
Editor: Rany