Beranda Pendidikan Tingkatkan Kualifikasi Dosen, FH UNIDA Bogor Bekerjasama dengan IMAC Selenggarakan Pelatihan Mediator

Tingkatkan Kualifikasi Dosen, FH UNIDA Bogor Bekerjasama dengan IMAC Selenggarakan Pelatihan Mediator

Fakultas Hukum (FH) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor bekerjasama dengan International Medation and Arbitration Center (IMAC) selenggarakan Pelatihan dan Sertifikasi Mediator.

BOGOR-RADAR BOGOR, Fakultas Hukum (FH) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor bekerjasama dengan International Medation and Arbitration Center (IMAC) selenggarakan Pelatihan dan Sertifikasi Mediator yang bertemakan “Peningkatan Kualifikasi Dosen Melalui Pelatihandan Sertifikasi Keprofesian Hukum” diselenggarakan secara hibrydya itu secara luring di Hotel Bhuvana Ciawi Bogor dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan secara daring menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meetings.

Pelatihan dan sertifikasi ini dilaksanakan pada tanggal 23-28 Agustus 2021 dan diisi oleh Tim Pemateri dari IMAC serta dihadiri oleh Chancellor UNIDA Bogor, Dr. Hj. Martin Roestamy, SH., MH. beserta jajaran, Wakil Rektor I UNIDA Bogor, Dr. RistikaHandarini, MP, Wakil Rektor III UNIDA Bogor, Ir. Himmatul Miftah, M.Si. dan Pembina IMAC, Prof. Dr. M. Saleh, SH., MH. beserta jajaran dan diikuti oleh dosen FH UNIDA Bogor.

Kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi Mediator ini diselenggarakan dalam rangka Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) yang dilaksanakan oleh FH UNIDA Bogor dan dalam rangkaian kegiatan pelatihan dan sertifikasi tersebut diselenggarakan penandatanganan kerjasama antara UNIDA Bogor dan IMAC.

pmb universitas nusa bangsa bogor

Chancellor UNIDA Bogor, Dr. H. Martin Roestamy dalam pemaparan sambutannya menyatakan bahwa pelatihan dan sertifikasi ini diisi oleh pakar langsung mediasi dan arbitrasi yang profesional sehingga dosen FH UNIDA Bogor ini beruntung dapat mengikuti pelatihan ini dan diharapkan dosen FH UNIDA Bogor dapat bersungguh-sungguh mengikuti pelatihan ini.

“Selamat mengikuti pelatihan dan sertifikasi ini, diharapkan dosen FH UNIDA Bogor dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius dan dapat memanfaatkan kegiatan ini sehingga dosen FH UNIDA Bogor dapat mengenal apa itu profesi yang dapat dikatakan baru yaitu mediator dan nantinya dapat menjelaskan dan mengajari mahasiswa FH UNIDA Bogor mengenai mediasi dan arbitrasi,” tutur Martin Roestamy.

Wakil Rektor I UNIDA Bogor dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan pelatihan dan sertifikasi ini merupakan bagian dari program PKKM yang dimana hibah tersebut didapatkan oleh FH UNIDA Bogor dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Risetdan Teknologi (Kemendikbudristek).

“Ini merupakan kesempatan luar biasa bagi UNIDA Bogor khususnya dosen FH UNIDA Bogor yang mengikuti kegiatan kali ini. Dan hibah PKKM ini merupakan amanah dan tantangan bagi FH UNIDA Bogor dan diharapkan acara ni berjalan lancar sampai selesai nanti serta para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan seksama dan memperoleh banyak manfaat dari pelatihan dan sertifikasi ini,” ungkap Ristika Handarini.

Pembina IMAC, Prof. Dr. M. Saleh, SH., MH. dalam pemaparan sambutannya menyatakan kegiatan ini diadakan atas kerjasama UNIDA Bogor dan IMAC sebagai lembaga yang sudah bersertifikasi dari MA mengadakan pelatihan mediasi.
Sebagai lembaga untuk mengadakan mediasi maka pada hari ini kesempatan bagi dosen FH UNIDA Bogor untuk mengikuti pelatihan ini sehingga setelah mengikuti pelatihan selama 40 jam maka peserta mendapatkan hak untuk menjadi mediator yang bersertifikat.

“Pelatihan mediasi ini dibawah pengawasan langsung dari MA sehingga dengan menyertakana sisten dari MA untuk memberikan materi juga dalam kegiatan ini. Mediasi merupakan penyelesaian sengketa secara damai yang efektif untuk memperoleh penyelesaian yang memuaskan dan berkeadilan kepada pihak yang bersengketa serta dibantu oleh mediator yang saat ini sedang diadakan pelatihannya,” ungkap.(*)