25 radar bogor

Dua Kampung Terisolir, Dana Samisade di Desa Pabangbon Dibangunkan Jalan dan Jembatan

Pembangunan jalan dan jembatan di Desa Pabangbon, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor.
Pembangunan jalan dan jembatan di Desa Pabangbon, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor.

LEUWILIANG-RADAR BOGOR, Dua kampung di Desa Pabangbon, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor terisolir. Untuk menjangkau wilayah tersebut, pemerintah desa setempat manfaatkan program Satu Miliar Satu Desa (Samisade) untuk membangun jalan dan jembatan.

Kepala Desa Pabangbon Endang Rohaendi mengatakan, jalan sepanjang 1.180 meter dan jembatan dengan bentangan 10 meter dibangun untuk meningkatkan akses ke Kampung Pabangbon dan Kampung Gunung Menir.

“Ratusan masyarakat yang tinggal di dua kampung itu nantinya tidak akan lagi kesulitan dengan akses jalan yang layak,” ungkapnya saat melakukan peresmian dimulainya pembangunan tersebut pada Kamis, (26/8/2021) Pagi.

Pasalnya, kata Endang, kondisi jalan menuju dua kampung yang berada di RT 02/03 itu sempit dan terjal. Sehingga ketika dibangun, aktivitas keseharian warga dapat dipermudah.

Seperti contoh, sambungnya, warga yang mau berobat, melahirkan hingga anak-anak yang pergi ke sekolah dapat dimudahkan dengan akses jalan dan jembatan yang akan dibangun.

“Ketika ada yang ingin melahirkan atau pun sakit, warga harus ditandu, dan anak-anak sekolah harus berjalan sejauh 2 kilometer,” terangnya.

Endang berharap, program unggulan Bupati Bogor itu dapat terus diadakan mengingat banyak infrastruktur di desanya yang belum tersentuh pembangunan.

Sementara itu, Sekretaris Camat Leuwiliang Iwan Darmawan mengatakan, dari 11 desa yang ada, semua desa yang ada di wilayah kerjanya telah menerima bantuan keuangan infrastruktur dari program tersebut.

Iwan berharap, dalam setiap pembangunannya pemerintah desa melibatkan warga setempat.

“Pemdes dan warga saling bekerjasama untuk mengawasi agar tidak ada hambatan ke depan,” tandasnya.(cok)