25 radar bogor

Puluhan Hewan Peliharaan Divaksin Rabies di Lanud ATS

TELITI : Tim sedang menyuntikkan vaksin ke hewan di Lanud ATS, Kamis (19/8). (Hendi/ Radar Bogor)
TELITI : Tim sedang menyuntikkan vaksin ke hewan di Lanud ATS, Kamis (19/8). (Hendi/ Radar Bogor)

RADAR BOGOR – Selain manusia, ternyata hewan peliharaan juga perlu untuk divaksin. Seperti yang dilakukan Satuan Polisi Militer Lanud Atang Sendjaja, bekerja sama dengan Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor.

Ya, puluhan hewan peliharaan berbagai jenis divaksin rabies, Kamis (19/8/2021).

Mulai dari kucing ras, anjing, kera hingga musang diberikan vaksin serta diperiksa kesehatannya oleh dokter hewan dari UPT Puskeswan Wilayah I Cibinong di area Lanud ATS.

Dansatpom Lanud ATS, Letkol Pom Dadan Triana mengatakan, program yang akan dilakukan rutin setiap tahun ini menyasar hewan peliharaan yang ada di seluruh komplek Lanud ATS dan umum.

“Kesehatan hewan itu perlu diperhatikan terutama pada penyakit yang bisa ditularkan kepada manusia contohnya rabies,” ujarnya kepada Radar Bogor saat memantau vaksinasi rabies tersebut.

Meskipun di masa pandemi covid-19, kata Dadan, tetap harus memperhatikan kesehatan hewan peliharaan.

Selain untuk melindungi hewan peliharaan, vaksin rabies juga perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan pemiliknya.

“Selain vaksin, ada beberapa hewan yang juga diperiksa kesehatannya oleh para dokter,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Kepala UPT Puskeswan Wilayah I Cibinong, Umar Wirahadikusuma menjelaskan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat luas akan pentingnya vaksinasi rabies untuk hewan peliharaan.

“Selama ini masyarakat tidak mengerti, yang terpenting memelihara hewan, ternyata ada prosuder yang harus dilaksanakan,” ungkapnya.

Dalam kegiatan tersebut, pihaknya menyediakan 100 vaksin rabies untuk jenis hewan peliharaan umum seperti anjing, kucing dan hewan pembawa rabies.

Sementara, ada 4 dokter hewan dan 7 para medis yang membantu dalam pelaksanaan vaksinasi tersebut.

“Ini juga bagian dari jemput bola kami. Kita juga mengadakan pengobatan hewan apabila hewan itu sakit, kita bisa datang ke lokasi,” pungkas Umar.(cok/c)