25 radar bogor

Bingung Cari Platform TO untuk Persiapan UTBK? Oksigen Education Bisa Jadi Pilihannya!

JAKARTA-RADAR BOGOR, Berkuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menjadi salah satu impian siswa setelah tamat dari SMA.

Namun, berbagai seleksi masuk perguruan tinggi harus mereka lalui untuk dapat diterima di PTN impian tersebut. Salah satunya melalui jalur Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang tingkat persaingannya semakin tinggi dari tahun ke tahun.

Bahkan dari 777.858 pendaftar SBMPTN 2021, hanya ada sebanyak 184.942 peserta atau sebesar 23,78% saja peserta yang lolos SBMPTN 2021. Artinya, ada lebih dari 500.000 peserta yang belum berkesempatan diterima PTN impian melalui jalur SBMPTN 2021.

Melihat dari ketatnya persaingan tersebut, Oksigen Education sebagai platform persiapan kuliah turut aktif dalam membantu memaksimalkan persiapan siswa dalam menghadapi UTBK dengan mengadakan Try Out UTBK berbasis online melalui laman oksigenedu.com.

Try Out online yang sudah diselenggarakan sejak September 2020 ini telah diikuti oleh ribuan peserta yang terdiri dari kelas X, XI, XII, hingga pejuang PTN yang memutuskan untuk gap year.

Selain soal yang dirancang semirip mungkin dengan UTBK, Oksigen Education juga menerapkan sistem penilaian Item Response Theory (IRT) seperti yang digunakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), yang mana bobot nilainya berbeda sesuai dengan tingkat kesulitan soal.

Selain itu, peserta juga difasilitasi untuk melihat keketatan persaingan dalam memilih program studi di PTN impian dan mengukur perkembangan pencapaian mereka dalam setiap Try Out melalui fitur analisis perkembangan nilai.

Tidak hanya sampai disitu, bagi mereka yang masih merasa bingung dan membutuhkan konsultasi juga difasilitasi dengan hadirnya Minok (Admin Oksigen) yang siap membantu untuk menjawab segala pertanyaan.

“Tryout Oksigen sangat membantuku dalam persiapan UTBK dan berkat tryout disini akhirnya aku bisa lulus SBMPTN 2021. Sesuai dengan namanya, “Oksigen” memang benar-benar penolong. Terima kasih Oksigen sudah menjadi penolong dan penyemangatku dalam meraih impian,” ujar akun dengan username @angsa.sn sebagai salah satu peserta Try Out Oksigen yang telah berhasil lolos pada seleksi SBMPTN 2021 lalu.

Oksigen Education memiliki harapan melalui Try Out UTBK online yang diadakan dapat mempermudah para pejuang PTN dalam persiapannya menghadapi UTBK.

Terutama, dengan marak diberlakukannya pembatasan kegiatan masyarakat seperti saat ini, Oksigen Education bisa menjadi solusi bagi mereka yang merasa kesulitan dalam mengakses media belajar dan informasi seputar UTBK, sehingga mereka tetap dapat melakukan persiapan UTBK secara optimal di masa pandemi. (*)