25 radar bogor

Taliban Menang, Presiden Afghanistan Kabur, Pasukan AS Turun Tangan

Seorang petempur Taliban terlihat saat dia berdiri di Kota Ghazni, Afghanistan, Sabtu (14/8/2021). (ANTARA FOTO/REUTERS/Stringer/HP/sa)
Seorang petempur Taliban terlihat saat dia berdiri di Kota Ghazni, Afghanistan, Sabtu (14/8/2021). (ANTARA FOTO/REUTERS/Stringer/HP/sa)

RADAR BOGOR, Kelompok militan Taliban menyatakan kemenangannya setelah perang di Afghanistan berakhir. Taliban berhasil menyerbu ibu kota, Kabul dan membuat Presiden Ashraf Ghani kabur dari negara itu. Jalan-jalan di Kabul sepi pada hari Senin (16/8).

Parahnya lagi terjadi kekacauan dan kepanikan di bandara internasional. Ratusan warga Afghanistan memutuskan eksodus dari negara itu seperti dilansir dari Al Jazeera, Senin (16/8).

Amerika Serikat dan negara-negara Barat lainnya juga berebut untuk mengevakuasi diplomat dan warga negara mereka. Seorang juru bicara kantor politik Taliban mengatakan kepada Al Jazeera bahwa kelompok itu tidak ingin hidup dalam isolasi. Bentuk pemerintahan baru di Afghanistan akan segera dijelaskan segera.

Sementara itu pasukan AS melepaskan tembakan ke udara di bandara Kabul. Pasukan AS menembak ke udara di bandara Kabul untuk mencegah ratusan warga sipil berlari ke landasan, menurut seorang pejabat dan seorang saksi.

Kerumunan itu di luar kendali,” kata pejabat AS itu kepada kantor berita Reuters melalui telepon.

“Penembakan itu hanya dilakukan untuk meredakan kekacauan,” jelasnya.

Seorang saksi membenarkan perkembangan itu kepada kantor berita AFP. Dewan Keamanan PBB akan segera membahas situasi di Afghanistan.

Editor: Rany
Sumber: Jawapos