25 radar bogor

Ikuti Ekspor Merdeka, Minaqu Siapkan Potensi Rp25 Miliar untuk Tanaman Hias

Perusahaan eksportir asal Bogor, Minaqu Home Nature mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi dalam Ekspor Merdeka. Imam/Radar Bogor
Perusahaan eksportir asal Bogor, Minaqu Home Nature mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi dalam Ekspor Merdeka. Imam/Radar Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR, Hari Kemerdekaan ke-76 RI bakal diperingati dengan berbagai acara. Salah satunya, peluncuran Ekspor Merdeka secara simbolis di Istana Bogor, 14 Agustus mendatang.

Perusahaan eksportir asal Bogor, Minaqu Home Nature milik Ade Wardhana Adinata mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi dalam Ekspor Merdeka tersebut. Program itu merupakan salah satu yang digawangi Kementerian Pertanian (Kementan) RI. Terlebih, tanaman hias menjadi salah satu produk ekspor yang sudah mulai dilirik pemerintah secara masif.

“Kita diundang di Istana Bogor untuk Ekspor Merdeka nanti. Jadi, Minaqu diundang secara simbolis (mengikuti launching ekspor) untuk tanaman hias,” beber Ade kepada Radar Bogor, Minggu (8/8).

Ia menyebutkan, berbagai tanaman hias telah disiapkan timnya. Mereka fokus memperkenalkan tanaman hias asli nusantara agar lebih dikenal di mancanegara. Tak main-main, harga tanaman hias yang dieskpor juga bisa menjadi sumber devisa negara.

“Potensi (tanaman hias) yang kita ekspor Rp25 miliar. Kita optimis dengan tanaman hias yang ada di Indonesia. Itulah kenapa tanaman hias di nusantara masih kita eksplore dan selama ini alhamdulillah tidak kekurangan order,” jelasnya.

Tak hanya Minaqu. Ekspor Meredeka itu, kata Ade, bakal melibatkan eksportir lain dari luar daerah. Khususnya mereka yang tergabung dalam program ekspor yang digalakkan Kementerian Pertanian. (mam)