25 radar bogor

Camat Megamendung Sebut Kasus Covid-19 di Puncak Berasal dari Pemilik Vila dan Wisatawan Jakarta

Kondisi kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, nampak sepi, Minggu (8/8/2021) pagi. Arifal/Radar Bogor
Kondisi kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, nampak sepi, Minggu (8/8/2021) pagi. Arifal/Radar Bogor

MEGAMENDUNG-RADAR BOGOR, Penularan kasus Covid-19 di kawasan Puncak, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, dari wisatawan asal ibukota Jakarta. Khusnya para pemilik vila di kawasan berhawa sejuk itu.

Hal itu dikatakan Camat Megamendung, Rismawan. Kepada Radar Bogor, pria yang akrab disapa Eris itu memaparkan, kasus Covid-19 di Kecamatan Megamendung meningkat pada Juli 2021.

“Penularan dari warga Jakarta yang datang ke vila. Mereka menularkan ke penjaga vila saat datang dan memberikan gaji pada penjaganya,” ujarnya kepada Radar Bogor, Minggu (8/8/2021).

Selain wisatawan dan pemilik vila, penularan Covid-19 juga berasal dari warga Megamendung yang bekerja di Jakarta. Hal itu berdasarkan hasil tracing Satgas Covid-19 Kecamatan Megamendung. Seperti di Desa Cipayung. Satu RT sempat dilakukan lockdown lokal. “Setelah dilakukan tracing, teryata dari warga yang kerja di Jakarta,” tuturnya.

Saat ini kasus Covid-19 di Kecamatan Megamendung mengalami penurunan. Dari 150 warga yang menjalani isoman (isolasi mandiri) kini sekitar 80 warga yang masih menjalani isoman.

“Semuanya tidak ada gejala. Jalani isoman di rumah masing-masing,” paparnya.

Meski melandai, Eris meminta agar masyarakat Megemendung tetap disiplin dalam Prokes (protokol kesehatan). Menjaga jarak, mengunakan masker, menghindari kerumunam dan mengurangi mobilitas serta rajin mencuci tangan. “Kita harap dengan disiplin Prokes agar kasus terus melandai,” tukasnya. (all)