Beranda Berita Utama Banding Ditolak, Rizieq Shihab Tetap Dihukum 8 Bulan Penjara

Banding Ditolak, Rizieq Shihab Tetap Dihukum 8 Bulan Penjara

Habib Rizieq
Habib Rizieq Shihab (Dery Ridwansa/JawaPos.com)

RADAR BOGOR – Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta menolak permohonan banding yang diajukan Rizieq Syihab dan tim kuasa hukumnya atas perkara kerumunan massa di Petamburan, Jakarta.

Dalam amar putusannya, PT DKI menguatkan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim) yang memvonis Rizieq Syihab dengan hukuman delapan bulan pidana penjara.

“Menguatkan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Timur tanggal 27 Mei2021 Nomor: 221/Pid.Sus/2021/PN.Jkt.Tim yang dimintakan banding tersebut,” tulis amar putusan banding PT DKI, Kamis (5/8).

Putusan pada tingkat banding ini diadili oleh Ketua Majelis Hakim Sugeng Hiyanto, dengan anggota Tony Pribadi dan Yahya Syam pada Rabu (4/8) kemarin. Majelis hakim memerintahkan Rizieq tetap ditahan dengan masa hukuman dikurangi masa penahanannya.

Sebelumnya, Pengadilan Negeri Jakarta Timur menjatuhkan pidana penjara delapan bulan kepada terdakwa Rizieq Syihab terkait perkara kerumunan massa di Petamburan.

Hakim menilai para terdakwa tidak mematuhi kekarantinaan kesehatan.

Selain Rizieq Syihab, majelis hakim juga menjatuhkan vonis delapan bulan penjara kepada terdakwa‎ Haris Ubaidillah, Ahmad Sabri Lubis, Ali Alwi Alatas, Idrus alias Idrus Al Habsyi dan Maman Suryadi, yang merupakan mantan pengurus DPP FPI. (jpc)