Beranda Pendidikan Ajang Uji Kompetensi, Mahasiswa Polbangtan Bogor Lakukan PKL Di Subang

Ajang Uji Kompetensi, Mahasiswa Polbangtan Bogor Lakukan PKL Di Subang

RADAR BOGOR – Puluhan Mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Kementerian Pertanian yang ada di Bogor, menggelar Praktek Kerja Lapangan (PKL) Pertanian bagi penyuluh pertanian di Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengatakan, melalui pendidikan vokasi, Kementan berupaya untuk meningkatkan kualitas SDM pertanian khususnya generasi milenial.

“Pendidikan vokasi punya peran penting hasilkan petani milenial yang berjiwa entrepreneur. Melalui pendidikan vokasi kita menghubungkan dengan industri-industri agar lulusannya sesuai dengan kebutuhan, dan siap untuk hal-hal yang baru,” jelasnya.

Mentan SYL menambahkan, pendidikan vokasi menjadi jawaban atas kebutuhan SDM pertanian yang handal.

“Pendidikan vokasi mampu menyatukan antara intelektual dengan karakter. Kekuatan karakter sangat penting karena akan membuatnya menjadi seorang yang kuat, mampu bertarung dan mampu mencari jalan keluar terhadap segala tantangan yang ada,” tambahnya.

Sementara, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi mengatakan, pendidikan vokasi dilakukan oleh Kementan untuk menghasilkan qualifies job seeker dan job creator.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 bulan ini akan berakhir di bulan Agustus mendatang.

Lukman Effendy, salah satu dosen pembimbing mengatakan bahwa ada beberapa kompetensi yang harus dimiliki oleh mahasiswa Prodi PPB Polbangtan.

Yaitu Identifikasi Potensi Wilayah, Penyusunan Programa, Fasilitasi Akses Informasi, Melaksanakan Penyuluhan dengan prinsip POD, Penumbuhan-pengembangan Kelompok, serta Evaluasi Penyuluhan.

“Harapannya, dengan begitu ketika mahasiswa lulusan pada saatnya nanti diikutsertakan sertifikasi, mereka sudah siap karena telah memiliki kompetensi-kompetensi tersebut,” ujarnya.

Lukman menambahkan, yang dilakukan oleh mahasiswa selama melaksanakan PKL sebagai bahan profilitas mahasiswa, yaitu mencapai profil mahasiswa dalam bidang pertanian, khususnya bidang penyuluhan.

“Untuk menuju profil, kami uji mereka dalam kompetensi, dan sebelum mereka (mahasiswa,red.) turun ke lapangan, kami memberikan sertifikasi terhadap mereka yang lulus dalam pelaksanaan PKL penyuluhan tersebut, dan kami pun memberikan sertifikat penyuluh bagi para mahasiswa polbangtan Bogor yang telah melaksanakan PKL,” imbuhnya.

PKL yang diselenggarakan di 4 BPP Kecamatan, yaitu Cipeundey, Kalijati, Purwodadi, dan Dawuan ini turut mendapat pendampingan langsung dari Dr. Yoyon Haryanto, Dedy Kusnadi, M.Si, dan Ait Maryani, SP., M.Pd.

Sementara, Pendamping Penyuluh Pertanian Kabupaten Subang, H. Ginanjar mengatakan, mahasiswa Polbangtan dibantu untuk melaksanakan penyuluhan terhadap masyarakat.

“Besar harapan kami dari Penyuluh Pertanian Kabupaten Subang, nantinya teman-teman mahasiswa dapat berguna bagi masyarakat umum, dan juga dapat memberikan pengalaman tentang pertanian bagi para petani di daerahnya, bahkan yang saya tau mahasiswa tersebut, bahkan ada dari luar pulau Jawa, seperti Kalimantan, Lampung dan lain nya,” jelasnya. (adv)

Pewarta: Ardianinda Wisda
Sumber: Polbangtan Bogor