Beranda Bogor Raya Posko Oksigen Kembali Dapat Pasokan 4 Ton Liquid Cair

Posko Oksigen Kembali Dapat Pasokan 4 Ton Liquid Cair

Pemkab Bogor kembali menerima bantuan liquit oksigen dari Pemerintah Jawa Barat di posko oksigen BPBD Kabupaten Bogor, Rabu (4/8/2021). Hendi

CIBINONG-RADAR BOGOR, Posko oksigen Kabupaten Bogor kembali mendapat pasokan liquid cair, untuk kebutuhan rumah sakit yang menangani pasien Covid-19. Meskipun saat ini stoknya masih aman tapi dalam sehari bisa butuh banyak setiap rumah sakit.

“Jadi ini bukan pada waktu kondisi minim, tapi ketika full pun kita kirim, bisa dibayangkan pengiriman 2 ton sehari setengah langsung selesai ke setiap rumah sakit,” kata Kepala Intalasi Gas Medis RSUD Cibinong Tri Wiryawan kepada wartawan, Rabu (4/8).

Bahkan, pihaknya sering update terus ke setiap rumah sakit khususnya kebutuhan bagi pasien Covid-19. Karena oksigen ini diperuntukan penanganan yang terkonfirmasi.

“Jika diuangkan liquid dengan berat 6 ton kurang lebih Rp 33 juta itu sudah include dengan harga angkut,” cetusnya.

Senada dikatakan, Sekretaris Posko Budi Cahyadi Wiryadi untuk sekarang bantuan dikirimkan buat rsud cileungsi saja sekitar 4 ton liquid cair.

“Yang saya tahu kiriman sekarang buat wilayah Bogor sama depok lebihnya disebar ke wilayah jawa barat lainnya,” kata Budi.

Ia menjelaskan, stok kebutuhan sekarang masa kritisnya sudah terlewati. Bahkan sangat mengamankan kondisi rumah sakit dan terbantu, baik tabung maupun liquid.

“Saat ini kita memenuhi rumah sakit tapi membantu pasien covid-19 saja. Karena ini langsung dialirkan ke intalasi dan tiap waktu mereka gunakan,” jelasnya.

Budi menambahkan, sebelum kasus meningkat kebutuhan stok oksigen relatid tidak tinggi. Salah satunya di rumah sakit umum daerah.

“Dalam 1 hari 24 jam untuk rsud 3 ton kurang lebih itu pada waktu normal, tapi kalau covid-19 sekarang bisa mencapai 3,5 ton buat kebutuhan oksigen saja,” tutupnya. (Abi/pkl2/pkl3)

Editor: Rany P Sinaga