Beranda Bogor Raya Gunakan NIK Ganda, Warga Ciampea Gagal Vaksin

Gunakan NIK Ganda, Warga Ciampea Gagal Vaksin

Warga Ciampea saat mengikuti vaksinasi Covid-19. Foto Septi/Radar Bogor

CIAMPEA-RADAR BOGOR, Seorang pria pensiunan polisi kecewa lantaran niatnya untuk divaksin, ditolak oleh petugas. Setelah dua kali mendatangi Kantor Desa Cinangka, Kecamatan Ciampea, dirinya terpaksa kembali lagi ke rumah.

Pasalnya, saat dilakukan pendataan, nama yang keluar dari Nomor Induk Kependudukan (NIK) di KTP Siswandi (56) bukan namanya melainkan nama orang lain.

“Saya daftar melalui RT dan saat datang ke kantor desa, justru data saya tidak tercatat, malah nama orang,” keluh Siswandi.(4/8/2021).

Ternyata, nasib serupa juga dialami beberapa warga lain di Desa Cinangka. Menanggapi hal tersebut, Ketua RT 02/08 Wildan Hidayat melakukan pengecekan data ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bogor.

Menurut keterangan dinas yang dikutip Wildan, data yang ada sudah benar adanya. Dan dari pertama dibuat, NIK yang tertera dalam KTP tidak akan berubah.

“NIK atas nama tersebut sudah sesuai, dan NIK itu tidak dapat berubah atas nama siapapun karena NIK saat ini sudah KTP nasional,” terang Wildan.

Disdukcapil menyarankan, sambung Wildan, jika pada saat pendataan vaksinasi tidak tercatat, maka diminta untuk berkomunikasi dengan puskesmas ataupun Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor.

Wildan pun mencoba konfirmasi ke puskesmas setempat dan juga Dinkes Kabupaten Bogor. Namun jawaban yang diterima Wildan justru pihak dinas tidak mengetahui hal tersebut. “Masih banyak masyarakat yang kesulitan untuk vaksinasi, karena terhambat oleh administrasi,” tandasnya.(cok)