25 radar bogor

Di Balai Embrio Ternak, Jenis Belgian Blue Indukan Sapi Unggul Indonesia

Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto kunjungi lokasi peternakan sapi di Cipelang, Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Rabu (4/8/2021). Hendi/Radar Bogor
Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto kunjungi lokasi peternakan sapi di Cipelang, Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Rabu (4/8/2021). Hendi/Radar Bogor

CIBINONG-RADAR BOGOR, Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto memberi nama Dyva salah satu anak sapi betina jenis Belgian Blue lahir di Balai Embrio Ternak (BET), Kementerian Pertanian, Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk. Nantinya akan menjadi indukan untuk pengembangbiakan yang unggul di Indonesia.

“Semoga bisa menjadi indukan unggul dalam meningkatkan populasi sapi Belgian Blue di tanah air dan meningkatkan daya saing petani kita,” kata Rudy, saat berkunjung ke BET Cipelang bersama Dinas Peternakakan dan Perikanan (Disnakan), Rabu (4/8).

Ia menjelaskan, bahwa sapi Belgian Blue dipilih untuk dikembangkan karena punya karakteristik unggul diantaranya memiliki otot ganda atau double muscle, temperamen jinak dan mudah dalam penanganan.

“Kami berharap ini bisa menghasilkan daging dengan kualitas terbaik dan tentunya menguntungkan petani kita,” cerusnya

Senada dikatakan, Wakil Ketua DPRD Agus Salim menambahkan, peternakan bisa menjadi salah satu solusi dalam upaya pemulihan ekonomi yang melemah karena efek pandemi Covid-19. Untuk itu.

“DPRD meminta agar Disnakan merumuskan program dan strategi yang tepat dalam menggairahkan bisnis peternakan,” tambahnya

Sementara itu, Kepala BET Cipelang, Olan Parlindungan mengungkapkan, sapi yang diberi nama Dyva baru lahir 10 hari lalu. Nantinya akan didonorkan kepada peternak untuk dikembangkan di Indonesia.

“Setelah dikembangbiakkan oleh peternak sapi dan akan menjadi indukan untuk proses pengembangan sapi Belgian Blue di Indonesia,” pungkasnya.(abi/pkl2/pkl3)