25 radar bogor

Hujan Deras, Sekeluarga di Sukajaya Tertimpa Longsor

RADAR BOGOR – Intensitas hujan yang tinggi mengakibatkan tebingan longsor dan menimpa satu rumah di Kampung Congcorang, Desa Harkatjaya, Kecamatan Sukajaya, Senin (2/8/2021) malam.

Selain mengalami luka berat, satu keluarga juga masih trauma atas peristiwa tersebut.

LEMAS : Ipang terbaring setelah tertimpa longsor.

Pemilik rumah, Ipang (45) menceritakan, saat kejadian sekitar pukul 19.30 WIB, dirinya bersama keluarga tengah berkumpul dalam satu ruangan.

“Saat hujan mulai reda, ada suara gemuruh dari belakang rumah, tiba-tiba tanah longsor menimpa rumah,” ungkapnya kepada wartawan.

Akibat kejadian tersebut, dirinya harus mengalami luka berat karena tertimpa material longsor. Namun, istri beserta anaknya yang tengah mengandung 8 bulan selamat meskipun masih menyisakan trauma mendalam.

Sementara kerugian yang dialaminya sekitar Rp200 juta lantaran barang berharga seperti rumah, motor dan lainnya rusak.

“Saya berharap dapat bantuan sehingga rumah saya bisa kembali terbangun, kalo seperti ini saya mau tinggal dimana lagi,” harapnya.

Istri Ipang, Imas yang berhasil menyelamatkan diri mengaku, masih trauma.

“Alhamdulillah kandungan saya tidak apa-apa, tadi terbentur karena harus menyelamatkan anak saya pertama, tadi pun di periksa ke bidan ga kenapa-kenapa kandungan saya, cuma memar di bagian perut dan kepala,” ujarnya.

Sementara itu, Kanit Intel Polsek Cigudeg, Ipda Miat Lirayana mengatakan, hujan yang begitu lama sehingga membuat tebing setinggi 4 meter panjang 15 meter harus menimpa rumah di bawah tebing tersebut.

“Untuk bangunan rumah bagian belakang kurang lebih sepanjang 12 meter itu alami rusak berat, saat kejadian penghuni rumah yaitu Ipang dan keluarga sedang berada di tengah rumah sedang mebonton TV dan tiba-tiba terdengar suara retakan tanah dan langsung menimpa bangunan dan alhamdulillah tidak ada korban jiwa atas kejadian ini,” ungkapnya.

Miat mengimbau, agar warga berhati-hati dikarenakan wilayah tersebut merupakan rawan longsor.

“Dalam kejadian ini agar selalu waspada mengingat curah hujan tidak menentu. Karena wilayah ini rawan,” imbaunya.(cok/c)