25 radar bogor

Dulu Desa Tertinggal, Kini Empat Desa di Kabupaten Bogor Ini Lebih Berkembang

Desa di Kecamatan Sukamakmur
ILUSTRASI: Suasana di Desa Mulyasari, Sukamakmur, beberepa waktu lalu. foto : Dok/Hendi/Radar Bogor
ILUSTRASI: Suasana di Desa Mulyasari, Sukamakmur, beberpa waktu lalu. Pemkab Bogor akui berhasil entaskan empat desa tertinggal sebelumnya. Foto: Hendi/Radar Bogor

CIBINONG-RADAR BOGOR, Sebanyak Empat desa dengan status tertinggal di Kabupaten Bogor kini telah berubah dan dinyatakan berkembang oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggl dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Bupati Ade Yasin menjelaskan, mengenai pengentasan desa tertinggal merupakan salah satu prioritas pihaknya ditahun 2021. Karena, ini sisa pekerjaan rumah yang harus terselesaikan. “Tahun 2020 kita berhasil mengentaskan 41 desa dari tertinggal menjadi berkembang,” kata Ade Yasin, Selasa (3/8).

Ade menjelaskan, ada tiga indikator utama yang menjadi penilaian status desa. Yaitu soal ketahanan ekonomi, ketahanan sosial dan ketahanan lingkungan juga kesehatan.

“Dari Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan kita berikan juga permodalan serta bantuan peralatan sarana tani dan masih banyak juga program kegiatan lain yang terkait dengan pemulihan ekonomi,” kata Ade.

Selain itu, pihaknya juga meluncurkan program Satu Miliar Satu Desa atau SamiSade yang penggunaan anggarannya untuk pembangunan infrastruktur desa.

“Bantuan ini lebih untuk infrastruktur jalan, terutama desa yang memiliki potensi wisata. Saya harap program ini dapat mengakselerasi pertumbuhan kegiatan perekonomian di desa-desa,” tuturnya.

Seperti diketahui, pada situs resminya, kemendesa.go.id, menayangkan empat di Kabupaten Bogor yakni Desa Cilaku di Tenjo, Wirajaya di Jasinga, serta Sukarasa dan Buanajaya di Tanjungsari berstatus berkembang ditahun ini.

Adapun desa mandiri dari sebelumnya berjumlah 29 desa menjadi 48 desa. Kemudian, desa maju dari sebelumnya berjumlah 131 desa menjadi 188 desa. Sementara untuk desa berkembang yang tercatat ada 252 desa, kini tersisa sebanyak 180 desa.(abi/pkl2/pkl3)