Beranda Olahraga Racikan Senior-Junior Itu Kombinasi Skill-Bakat

Racikan Senior-Junior Itu Kombinasi Skill-Bakat

RADAR BOGOR – Setelah Olimpiade 2016, Greysia Polii sempat ingin pensiun. Pasangannya saat itu, Nitya Krishinda Maheswari, mengalami cedera dan menjalani operasi. Padahal, pasangan peraih emas Asian Games 2014 itu mencapai babak perempat final Olimpiade 2016.

Greys (sapaan Greysia) sempat dipasangkan dengan beberapa pemain lain. Namun, tidak berhasil mencapai yang diinginkan. ”Tetapi, pelatih bilang tunggu sebentar lagi dan bantu pemain muda ini untuk bangkit. Saat itulah, entah muncul dari mana, Apri datang,” ujar Greys seusai pertandingan kemarin (31/7).

Kemudian, pada 2017 Greys mulai berpasangan dengan Apri. Prestasi mereka melesat. Saat ini Greys/Apri menempati peringkat keenam dunia. Mereka juga memenangkan gelar super 1.000 pada Thailand Open I Januari lalu.

”Ketika memenangi Korea Open dan Thailand Open (2017), dari situ kami tahu kami berkembang sangat cepat. Dari situ saya juga tahu, saya masih mau main beberapa tahun lagi,” ucap pemain PB Jaya Raya Jakarta itu.

Kombinasi pemain senior dan pemain muda cukup efektif. Greys pada 11 Agustus nanti genap 34 tahun, sedangkan Apri berusia 23 tahun. Pengalaman Greys dalam event mayor plus kekuatan Apri sebagai pemain muda membuat mereka memiliki keunggulan tersendiri.

Pada pertandingan semifinal kemarin, Greys/Apri mengalahkan wakil Korea Selatan Lee So-hee/Shin Seung-chan dalam straight game 21-19, 21-17. Pertandingan yang berjalan selama 71 menit itu sangat ketat dan melelahkan.

Pelatih ganda campuran Richard Mainaky menjelaskan bahwa kultur bulu tangkis Indonesia berbeda dengan Tiongkok, Jepang, dan Korea Selatan. Di nomor ganda, tiga negara itu mengandalkan pemain muda untuk kecepatan dan kekuatan.

”Kalau kita dalam nomor ganda khususnya, style-nya itu kombinasi antara skill dan bakat. Jadi, pemain senior yang sudah berpengalaman dan bisa membimbing dipasangkan dengan pemain muda yang potensial dan penurut,” kata Richard kepada Jawa Pos.

Richard tentu berpengalaman menggandengkan pemain senior dan pemain muda. Sejak zaman Minarti Timur dan Tri Kusharjanto, Nova Widianto dan Liliyana Natsir, Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir, hingga Praveen Jordan dan Melati Daeva Oktavianti.

Hal itu akan sangat berpengaruh saat event mayor seperti Olimpiade, Kejuaraan Dunia, atau kejuaraan beregu lainnya. Dibutuhkan mental dan pengalaman untuk bisa mengatasi ketegangan selama pertandingan.

”Melihat pengalaman Greys itu bagus sekali. Dia bisa membimbing Apri yang masih muda dengan tenaga yang luar biasa. Greys juga punya kedisiplinan dan dedikasi yang tinggi. Itu jadi panutan buat partnernya,” lanjut Richard.

Mantan pemain nasional Imelda Wiguna merasakan hal yang sama. Dia pernah berpasangan dengan Verawaty Fajrin, Theresia Widiastuti, Rosiana Tendean, hingga Christian Hadinata.

”Kombinasi pemain senior dan pemain muda itu cukup ampuh. Dulu partner saya juga beda usia yang cukup jauh. Selama yang lebih senior mengayomi, hasilnya bisa lebih bagus,” ujar Imelda. (gil/c19/dra)

 

Greys-Apri Margin Terjauh

 

Kombinasi pemain beda usia di pelatnas bulu tangkis menjadi ”resep” para pelatih. Inilah daftar ganda pelatnas beserta margin usianya.

Ganda Putri

Greysia Polii/Apriyani Rahayu

Usia: 33 tahun & 23 tahun

Dipasangkan: 2017

 

Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto

Usia: 20 tahun & 21 tahun

Dipasangkan: 2019

 

Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi

Usia: 20 tahun & 20 tahun

Dipasangkan: 2019

 

Yulfira Barkah/Febby Valencia Dwijayanti Gani

Usia: 23 tahun & 21 tahun

Dipasangkan: 2021

 

Ganda Putra

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo

Usia: 30 tahun & 24 tahun

Dipasangkan: 2015

 

M. Ahsan/Hendra Setiawan

Usia: 33 tahun & 36 tahun

Dipasangkan: 2012

 

Fajar Alfian/M. Rian Ardianto

Usia: 25 tahun & 25 tahun

Dipasangkan: 2014

 

Ganda Campuran

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti

Usia: 27 tahun & 26 tahun

Dipasangkan: 2018

 

Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja

Usia: 26 tahun & 27 tahun

Dipasangkan: 2017

 

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari

Usia: 21 tahun & 22 tahun

Dipasangkan: 2017