Beranda Metropolis Pemkot Bogor Batalkan Anggaran Internet Gratis Bagi Warga

Pemkot Bogor Batalkan Anggaran Internet Gratis Bagi Warga

Wifi
Ilustrasi sekolah daring. SOFYANSYAH/ RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor secara tiba-tiba membatalkan pengajuan anggaran bantuan internet gratis bagi masyarakat Kota Bogor.

Keputusan itu dikarenakan ada bantuan kuota dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bagi para pelajar dan tenaga pelajar.

Untuk memperpanjang subsidi itu pemerintah telah menyiapkan dana sebesar Rp 5,54 triliun, yang berlaku hingga akhir tahun 2021.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bogor, Rahmat Hidayat mengatakan, Pemkot Bogor membatalkan pengajuan untuk mengalokasikan anggaran wifi publik gratis yang rencananya akan digelontorkan pada pertengahan tahun 2021.

“Iya (batal). Karena ada bantuan kuota gratis dari Kemendikbud,” kata Rahmat, Minggu (1/8/2021).

Karena itu, Pemkot Bogor memilih untuk tidak melanjutkan program tersebut, dan kuota gratis bagi para pelajar itu rencananya akan disalurkan Kemendikbud pada bulan Agustus 2021 ini.

Adapun rincian bantuannya sebagai berikut, untuk peserta didik jenjang PAUD mendapatkan kuota gratis sebesar 7 Gb perbulan.

Selanjutnya, peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah sebesar 10 Gb perbulan. Terakhir, pendidik jenjang PAUD serta pendidikan dasar dan menengah sebesar 12 Gb perbulan.

“Kuota belajar ini diperuntukan bagi pelajar dan tenaga pendidik,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim menyambut baik bantuan kuota gratis yang bakal segera turun ini.

Sebab, Pemkot Bogor tidak menganggarkan bantuan wifi publik gratis ini dengan asumsi awal, tahun ajaran baru 2021/2022 digelar secara tatap muka.

Diketahui, Wali Kota Bogor, Bima Arya meminta jajaranya untuk mempercepat pengadaan program wifi publik gratis yang terpasang di setiap RW.

Selain untuk kebutuhan para pelajar mengikuti kegiatan belajar mengajar secara daring. Bima sengaja memperpanjang program wifi publik gratis sebagai upaya untuk mempercepat program vaksinasi Covid-19.

“Sudah dianggarkan, kemarin saya minta dipercepat karena perlu bantuan juga untuk vaksinasi,” kata Bima saat ditemui di Gedung Wanita Bogor, Rabu (28/7/2021).

Menurutnya, di tengah Pemkot Bogor melakukan penanganan Covid-19, pelaksanaan vaksinaisi wilayah dan lain-lain itu perlu sambungan koneksi wifi yang dapat memudahkan pekerjaan petugas di lapangan.

Disinggung soal besaran biaya yang dianggarkan, Bima menuturkan, bahwa anggaran yang disiapkan tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya.

“Saya belum cek lagi, nggak jauh beda lah kira-kira (dengan tahun lalu),” ujarnya.

Reporter: Dede
Editor: Rany P Sinaga