25 radar bogor

Awas ! Sudah Divaksinasi Tetap Bisa Sebarkan Virus Covid-19 Delta

RADAR BOGOR – Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat telah memperingatkan bahwa bahkan orang yang divaksinasi tetap dapat  menyebarkan virus. Apalagi varian Delta telah terbukti menyebar dengan cepat dan luas.

Kenaikan kasus juga terjadi lagi di AS. Terjadi epidemi Covid-19 yang melibatkan 469 kasus dimulai pada 3 Juli di Provincetown, Massachusetts.

Sebuah studi berjudul ‘Wabah Infeksi SARS-CoV-2, Termasuk Infeksi Terobosan Vaksin Covid-19, Terkait dengan Pertemuan Umum Besar oleh Barnstable County, Massachusetts, Juli 2021’ menemukan bahwa tiga perempat dari infeksi terjadi pada orang yang telah sepenuhnya divaksinasi.

Pada saat penelitian, sekitar 69 persen individu yang memenuhi syarat di negara bagian tersebut telah divaksinasi.

Dan tak ada bedanya antara orang yang sudah divaksinasi maupun yang belum. Tak ada perbedaan yang signifikan dalam viral load antara infeksi pada orang yang divaksinasi lengkap dan kasus lainnya yang tak divaksinasi.

Keputusan CDC untuk mengubah rekomendasi masker temuan seseorang yang sudah divaksinasi lengkap tetap dapat menyebarkan infeksi.

Direktur CDC, dr. Rochelle Walensky, mengatakan viral load yang tinggi menunjukkan risiko penularan yang lebih tinggi. Oleh karena itu, orang yang divaksinasi yang terinfeksi Delta tetap dapat menyebarkan virus, tidak seperti strain sebelumnya.

Bloomberg mengatakan temuan itu dikaitkan dengan saran CDC bahwa orang yang divaksinasi lengkap tetap wajib memakai masker di tempat-tempat, yang potensi penularannya signifikan dan tinggi. Walensky mengatakan pihaknya merekomendasi pemakaian masker lagi.

Kabar baiknya adalah bahwa vaksinasi Covid-19 tetap sangat efektif dalam menghindari rawat inap dan kematian akibat virus. Tiga percobaan dari Kanada, Singapura, dan Skotlandia, misalnya, mengungkapkan bahwa vaksinasi Pfizer melindungi terhadap rawat inap dan kematian lebih dari 90 persen. Karena penyebaran cepat varian delta di seluruh Amerika Serikat, CDC telah memodifikasi rekomendasi masker. Yaitu merekomendasikan agar individu memakai masker di tempat publik meskipun sudah divaksinasi lengkap. (jpc)