Beranda Olahraga Anthony Ginting: Saya Masih Punya Satu Pertarungan Lagi

Anthony Ginting: Saya Masih Punya Satu Pertarungan Lagi

Indonesia's Anthony Sinisuka Ginting hits a shot to China's Chen Long in their men's singles badminton semi-final match during the Tokyo 2020 Olympic Games at the Musashino Forest Sports Plaza in Tokyo on August 1, 2021. (Photo by Pedro PARDO / AFP)

 

RADAR BOGOR – Tunggal putra asal Tiongkok Chen Long punya kesempatan untuk meraih medali emas secara back-to-back di Olimpiade. Pada semifinal Tokyo 2020 di Musashino Forest Sports Plaza, Tokyo hari ini (1/8), Chen Long mengalahkan tunggal nomor satu Indonesia Anthony Sinisuka Ginting.

Chen Long bermain sangat sempurna hari ini. Dia minim melakukan kesalahan. Defensenya kuat. Serangannya juga mematikan. Selain itu, Chen Long pintar dalam mengontrol ritme permainan dan menghambat kecepatan Ginting.

Tanpa kesulitan berarti, Chen Long menang dalam straight game dengan skor 16-21, 11-21.

“Saya sangat bahagia bisa kembali ke final. Final Olimpiade adalah tahap tertinggi yang menjadi impian semua atlet bulu tangkis,” ucap Chen Long dikutip dari situs resmi BWF.

“Jadi saya harap bisa bermain baik besok dan juga beristirahat dengan baik,” imbuh Chen Long.

Chen Long menambahkan bahwa dia tidak terlalu terbebani dalam semifinal ini. Tetapi dia sadar bahwa ini adalah fase yang sangat penting. Jadi tidak ada jalan kembali seperti di penyisihan grup.

“Jadi saya memastikan bahwa saya bermain sangat maksimal dan melakukan yang terbaik,” tambah Chen Long.

Di sisi lain, Ginting merasa kecewa. Sebab, kata dia, tidak mudah untuk mencapai semifinal Olimpiade.

“Tetapi inilah yang terjadi, ada yang menang dan ada yang kalah. Saya harus move on sesegera mungkin sebab besok ada perebutan perunggu. Jadi, saya masih punya satu pertarungan lagi,” kata Ginting.

“Saya harus berpikir untuk besok dan masih ada satu harapan bagi saya untuk meraih medali,” tambahnya.

Sebelum duel hari ini, Ginting tampil hebat dalam dua laga terakhir melawan Chen Long. Dalam dua pertemuan pada 2019, Ginting selalu menang relatif cukup telak dalam straight game di ajang BWF World Tour Finals.

“Tetapi Chen Long bermain berbeda hari ini dibandingkan sebelumnya. Dia berusaha untuk tidak banyak mengangkat bola tinggi. Jadi inilah yang membuat dia mengontrol pertandingan dari awal sampai akhir. Dia tidak membuat banyak kesalahan. Dia adalah pemain yang sangat fokus,” imbuhnya.

Terkait pertarungan merebutkan medali perunggu, Ginting juga berkomentar.

“Itu sangat berarti bagi saya. Sebab ini adalah Olimpiade pertama saya. Saya akan berusaha keras. Untuk mencapai semifinal adalah mimpi jadi nyata, jadi saya tidak ingin membuang kesempatan. Saya akan bangkit, fokus, dan menikmati semua momen,” kata Ginting. (jpc)