25 radar bogor

Pemkab Bogor Prioritaskan Program Pancakarsa dan Pemulihan Ekonomi

Bupati Bogor dan Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto tanda tangani berkas Paripurna pembahasan LPJ Bupati Bogor 2020. (30/7). Hendi/Radar Bogor
Bupati Bogor dan Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto menunjukan LPJ Bupati Bogor 2020 usai sidang paripurna, Jumat (30/7/2021). Hendi/Radar Bogor

CIBINONG-RADAR BOGOR, Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) 2022 Kabupaten Bogor, telah dibahas dalam rapat paripurna bersama dengan DPRD, di Gedung Paripurna, Jumat (30/7/2021).

Namun karena masih kondisi pandemi Covid-19, Pemerintah Daerah belum berani melangkah terlalu jauh untuk menjalankan programnya ditahun anggaran tersebut. Meski beberapa di antaranya, mulai menyorot pada program selain kesehatan.

“Prioritasnya tetap program Pancakarsa dan pemulihan ekonomi, tapi kelihatannya juga ini (Pandemi-red) masih ada, kita siap-siap saja untuk penanganan kesehatan di dulu,” kata Ade Yasin ketika menghadiri paripurna di DPRD, Jumat (30/7/2021).

Dia menjelaskan, untuk fokus pada pemulihan ekonomi, pihaknya berencana hanya menganggarkan di beberapa dinas yang dinilai mampu mendongkrak dan menghasilkan nilai bagi daerah maupun untuk masyarakat.

“Misalnya Dinas UMKM yang merupakan bagian dari upaya pemulihan ekonomi. Karena APBD kita juga harus menyesuaikan ya, terlebih DAK dan DAU (dana alokasi khusus / umum) juga akan berkurang,” tuturnya

Lebih lanjut ia mengaku, meskipun masih ada proyek pembangunan namun pemulihan pun terus dilakukan khususnya bagi yang terdampak Covid-19.

“Makanya kita terus lakukan akselerasi vaksinasi sampai tingkat kecamatan untuk mengejar target 1,2 juta sampai Agustus mendatang,” pungkasnya.(abi/pkl2/pkl3)