Beranda Olahraga Bagus Buat Kesehatan, Ini Olahraga Virtual Bisa Dilakukan di Rumah untuk Anak

Bagus Buat Kesehatan, Ini Olahraga Virtual Bisa Dilakukan di Rumah untuk Anak

ILUSTRASI. Dengan platform edukasi olahraga online bisa membangkitkan semangat anak Indonesia terutama di tengah pandemi agar dapat bergerak aktif di rumah saja. (Alfian RIzal/Jawa Pos)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Covid-19 varian Delta saat ini juga mengancam anak dan remaja. Maka orang tua diminta untuk memastikan kesehatan dan daya tubuh anak dengan nutrisi serta aktivitas fisik. Olahraga menjadi kunci utama sekaligus hanya lewat platform online selama di rumah.

Dalam webinar, platform edukasi olahraga online ‘MILO ACTIV Academy’ memberikan beragam program olahraga yang bisa diikuti anak di rumah. Dengan platform edukasi olahraga online bisa membangkitkan semangat anak Indonesia terutama di tengah pandemi agar dapat bergerak aktif di rumah saja.

“Kami berharap semakin banyak keluarga Indonesia yang termotivasi untuk menjalankan gaya hidup sehat dan aktif meskipun hanya di rumah saja,” kata Business Executive Officer Beverages Business Unit PT Nestlé Indonesia, Mirna Tri Handayani dalam keterangan virtual, Rabu (28/7).

Hal ini sesuai dengan anjuran World Health Organization (WHO) yang merekomendasikan agar anak-anak dan remaja melakukan paling sedikit satu jam kegiatan fisik setiap hari dan membatasi waktu di depan layar elektronik. Di samping itu, olahraga merupakan guru terbaik bagi anak untuk dapat belajar mengenai nilai-nilai kehidupan seperti percaya diri, pantang menyerah, sportivitas, dan kerja sama tim, sehingga membantu membentuk karakter tangguh anak.

Sports Nutritionist, dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes mengungkapkan, kurangnya aktivitas fisik anak akibat adanya pembatasan kegiatan di luar rumah juga menjadi tantangan lainnya yang dihadapi selama pandemi. “Orang tua berperan penting untuk memberikan nutrisi yang seimbang sekaligus terus memotivasi anak untuk bergerak aktif walaupun di rumah saja demi menjaga kesehatan tubuh dan mendukung tumbuh kembang anak yang optimal,” kata dr. Rita.

Nutrisionis Nestlé Indonesia, Eka Herdiana mengatakan, dari studi internal, usia 5-15 tahun merupakan periode pertumbuhan yang penting bagi anak. Anak akan mengalami perubahan fisik, kognitif dan sosial/karakter yang sangat pesat. Di periode ini, orang tua perlu memperhatikan asupan gizi yang tepat bagi anak dan mendukung anak untuk mencintai olahraga sejak dini demi menjaga kesehatan sekaligus meningkatkan daya tahan tubuhnya.

Apa saja jenis olahraga online yang bisa dilakukan di rumah?

Olahraga kesukaan yang bisa dilakukan di rumah saja, mulai dari aerobik, bulu tangkis, lari, sepak bola, basket hingga renang. Semuanya bisa diarahkan secara online lewat platform.

Sumber: JawaPos.Com
Editor: Alpin