Beranda Metropolis Jaga Imunitas Warga, Kelurahan Menteng Buat Bilik Sauna Berbahan Rempah-rempah

Jaga Imunitas Warga, Kelurahan Menteng Buat Bilik Sauna Berbahan Rempah-rempah

Jaga Imunitas Warga, Kelurahan Menteng Buat Bilik Sauna Berbahan Rempah-rempah

BOGOR-RADAR BOGOR, Penyebaran kasus Covid-19 di Kota Bogor masih tinggi, hal itu yang membuat Kelurahan Menteng, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, tergerak membuat Bilik Sauna Rempah-rempah sebagai terapi untuk meningkatkan imunitas warga.

Bilik Sauna Rempah-rempah resmi dilaunching di Gedung Balai Karya tepatnya di samping Kelurahan Menteng.

“Ini satu inovasi dari keluahan Menteng untuk membantu masyarakat mengingat lonjakan kasus Covid-19 di kelurahan Menteng cukup tinggi, meski kecendrungan sekarang mulai melandai tetapi tetap harus waspada,” ujar Lurah Menteng Arief Rachman Badrudin, Rabu (28/7/2021).

Dengan kondisi penyebaran Covid-19 yang belum mereda, sehingga diperlukan alternatif untuk membantu masyarakat terutama yang tidak memiliki kemampuan agar tetap sehat.

Selain mendapatkan bantuan sembako dan sebagainya dari pemerintah dan bantuan CSR, Kelurahan Menteng juga memberikan terapi herbal dengan Bilik Sauna.

Arief mengaku mendapatkan ide tersebut lantaran mendapatkan dukungan Ketua LPM Bogor Barat yang dapat memanfaatkan rempah-rempah di sekitar sebagai obat-obatan.

Bilik Sauna Rempah-rempah, kata dia, satu paket dengan rumah singgah dimana peruntukannya bagi warga yang negatif Covid-19 dapat memanfaatkanya.

“Karenakan dalam satu keluarga ketika ada yang positif, warga yang negatif bisa memanfaatkan rumah singgah ketika warga positif tidak mau keluar rumah,” katanya.

Disisi lain, Kelurahan Menteng juga tengah menyiapkan ruang isolasi di SD Semeru 6 sebagai sarana Isoman selain dapat memanfaatkan Asrama Internasional Putri IPB dan pusat isolasi BPKP Ciawi.

Untuk itu sebagai langkah awal Kelurahan Menteng membentuk rumah singgah, dengan Bilik Sauna Rempah-rempah yang dapat membantu percepatan penyembuhan berbagai penyakit dan terapi imunitas yang berasal dari bahan dasar herbal.

“Kita mencoba menggali potensi alam yang ada, dan bisa digunakan untuk pengobatan,” katanya.

Kedepan, tak hanya bagi warga yang tinggal di rumah singgah tetapi juga akan diperuntukan seluruh warga Kelurahan Menteng yang membutuhkan.

“Tujuanya sebuah inovasi membantu masyarakat agar sehat dan terjaga imunitasnya. Bagi yang sakit lebih cepat penyembuhanya,” ucapnya.

Bilik Sauna Rempah-rempah tersebut memanfaatkan satu bilik yang berfungsi untuk sauna, lanjut Arief, rempah-rempah yang telah disiapkan direbus terlebih dahulu seperti sirih, sereh dan jahe, setelah itu dimasukan ke teko lalu uapnya disalurkan melalui pipa yang telah dimodifikasi menuju bilik.

Kemudian, orang yang sudah terapi diberikn minuman yang juga berbahan herbal.

“Minimal setelah terapi dan minum minuman herbal, badan jadi segar,” tukasnya.

Sementara itu, Camat Bogro Barat Abdul Rahman mengapresiasi inovasi yang dilakukan Kelurahan Menteng dalam upaya memberikan imunitas bagi warga di tengah pandemi Covid-19.

Abdul mengatakan, banyak kasus satu keluarga positif tetapi tempat tinggalnya terlalu sempit dan tidak mau di pindah ke pusat isolasi.

“Salah satu alternatif, membantu terutama satu keluarga yang tidak terpapar maka harus dipisahkan. Inovasi penguapan agar meningkatkn imunitas, mudah-mudahan masyarakat bisa mengakses dan memanfaatkan sebaik-baiknya,” tukasnya.

Reporter: Dede
Editor: Rany P Sinaga