25 radar bogor

Hengky Kurniawan Diperiksa KPK

Hengky Kurniawan

RADAR BOGOR – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus menggali informasi untuk mempertajam penyidikan perkara dugaan suap Bupati (nonaktif) Bandung Barat Aa Umbara Sutisna terkait pengadaan bahan pangan bansos Covid-19.

Pendalaman dilakukan dengan memeriksa Wakil Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan sebagai saksi untuk tersangka Aa Umbara.

Hengky yang kini menjabat sebagai pelaksana tugas (plt) bupati Bandung Barat itu diperiksa di gedung KPK, kemarin (27/7).

Usai diperiksa, pejabat yang pernah menjadi aktor dalam beberapa sinetron dan film layar lebar itu mengaku dimintai keterangan seputar pembagian tugas di pemerintahan Bandung Barat.

“Pembagian tugas di pemerintahan dengan Pak Bupati (Aa Umbara, Red),” ujarnya kepada awak media.

 

Dalam kasus ini, KPK menetapkan Aa Umbara sebagai tersangka penerima suap terkait pengadaan barang untuk tanggap darurat pandemi Covid-19 di Bandung Barat tahun 2020. Aa Umbara disangka menerima uang Rp 1 miliar dari M.

Totoh Gunawan selaku pemilik PT Jagat Dir Gantara (JDG) dan CV Sentral Sayuran Garden City Lembang (SSGCL). Dalam perkara ini, anak Aa Umbara, Andri Wibawa juga menjadi tersangka. April lalu, Aa Umbara dan anaknya remsi ditahan KPK.

Terkait penanganan Covid-19 di Bandung Barat, Hengky menyebut dirinya tidak dilibatkan dalam satuan tugas (satgas).

“Saya tidak dilibatkan, lebih ke pembagian tugas di pemerintahan sih,” ungkap pejabat kelahiran Blitar tersebut. Hengky pun mengaku tidak tahu banyak tentang hubungan antara Aa Umbara dan Totoh Gunawan. “Tapi kalau dengan Pak Totoh saya kenal,” imbuh mantan suami artis Christy Jusung itu.

Plt Juru Bicara KPK Bidang Penindakan, Ali Fikri menerangkan pemeriksaan Hengky sebagai saksi dilakukan untuk menelusuri lebih jauh pengadaan barang tanggap darurat pandemi Covid-19 di Dinas Sosial (Dinsos) Bandung Barat.

Sejauh ini, KPK telah memeriksa sejumlah saksi. Diantaranya Sekretaris Daerah (Sekda) Bandung Barat Asep Sodikin pada awal Juli lalu. (tyo)