Beranda Olahraga Bek Juara Dunia untuk Menemani Bek Termahal Dunia

Bek Juara Dunia untuk Menemani Bek Termahal Dunia

RADAR BOGOR – Mendatangkan Harry Maguire dua tahun lalu dengan label bek termahal dunia (GBP 80 juta/Rp 1,6 triliun) belum membuat Manchester United puas dengan jantung pertahanan mereka.

Victor Lindelof, Eric Bailly, maupun Axel Tuanzebe adalah bek-bek yang dianggap tidak dalam level yang sama dengan Maguire.

Karena itu, ketika ada kesempatan mendatangkan bek tengah Real Madrid Raphael Varane pada musim panas tahun ini, United tidak mau melewatkannya.

Setelah mencapai kesepakatan personal dengan Varane, The Red Devils akhirnya bisa meyakinkan Real untuk melepas bek timnas Prancis kala memenangi Piala Dunia 2018 tersebut. Biaya transfer yang disepakati adalah GBP 42 juta (Rp 841 miliar).

Bek berusia 28 tahun itu bakal meneken kontrak berdurasi lima tahun (empat tahun plus setahun opsional) atau diikat hingga musim panas 2026.

Sayangnya, Varane tidak bisa segera diresmikan United karena kebijakan karantina lima hari bagi orang luar yang masuk ke Inggris.

Muncul opsi Varane bakal melakukan tes medis di Madrid ketimbang di Manchester pada hari ini (28/7). Lalu, berangkat ke Manchester paling cepat pada Kamis besok (29/7).

Jika mengikuti rencana itu, Varane baru bisa diperkenalkan United ke publik secara resmi pada Selasa pekan depan (3/8).

Perkenalan oleh United memang tertunda, tapi tidak dengan perkenalan yang dilakukan Rio Ferdinand. Mantan bek tengah andalan United itu memberi bocoran tentang kesepakatan Varane via kanal YouTube-nya kemarin (27/7). ”Rekrutan luar biasa. United telah mendapatkan bek juara dunia,” ucap Ferdinand.

Komplimen pun diberikan Ferdinand kepada mantan klubnya lantaran sukses mendapatkan para pemain buruan sepanjang musim panas tahun ini. Sebelumnya, United sukses menggaet winger Jadon Sancho setelah mendekati selama dua tahun terakhir.

Kinerja bagus United dalam bursa transfer tak lepas dari perubahan signifikan yang dilakukan The Red Devis per 10 Maret lalu. Yaitu, memiliki direktur sepak bola untuk kali pertama dalam sejarah klub yang dijabat John Murtough. Plus Darren Fletcher dipercaya direktur teknik.

Mereka menggantikan Executive Vice-Chairman Ed Woodward yang semula bertanggung jawab dalam urusan transfer. Woodward yang berlatar belakang pebisnis tentu saja tidak kompeten dalam hal itu.

”Inilah yang semestinya dilakukan United sejak dulu sehingga United menjadi magnet para pemain top. Saya pikir itu pula yang dilihat oleh dia (Varane, sehingga mau bergabung dengan United, Red),” beber Ferdinand.

Di sisi lain, meski memiliki bek termahal dunia dan bek juara dunia, ketangguhan duet Maguire-Varane masih perlu dibuktikan. Pandit Sky Sports Jamie O’Hara memiliki penilaian bahwa Maguire-Varane punya nilai minus.

”Faktor kecepatan saya pikir akan menjadi kelemahan mereka dan itu akan dimanfaatkan oleh lawan,” ulas O’Hara di talkSPORT.

Adaptasi cepat pun jadi kunci bagi Maguire-Varane. Saat ini, Maguire masih dalam status liburan setelah tampil di Euro 2020. Sementara Varane sudah berlatih di Real.

Kabarnya, untuk cepat beradaptasi, Varane meminta video-video rekaman pertandingan United untuk dipelajari lebih dulu.

”(Dari video itu, Red) Varane ingin mengetahui secara spesifik bagaimana United dalam mengantisipasi set piece. Aspek yang dianggap sebagai kelemahan United selama ini,” tulis Manchester Evening News. (ren/c13/dns)

Bek Tengah di Big Six Musim Ini

MANCHESTER UNITED

Harry Maguire Raphael Varane

GBP 80 juta/Rp 1,6 triliun GBP 42 juta/Rp 841 miliar

Total: GBP 122 juta (Rp 2,44 triliun)

—————————————————————————————————

MANCHESTER CITY

Ruben Dias Aymeric Laporte

GBP 61,64 juta/Rp 1,23 triliun GBP 57 juta/Rp 1,14 triliun

Total: GBP 118,64 juta (Rp 2,37 triliun)

—————————————————————————————————-

LIVERPOOL FC

Virgil van Dijk Ibrahima Konate

GBP 75 juta/Rp 1,5 triliun GBP 36 juta/Rp 721 miliar

Total: GBP 111 juta (Rp 2,22 triliun)

—————————————————————————————————

ARSENAL

Gabriel Magalhaes Ben White

GBP 27 juta/Rp 540 miliar GBP 50 juta/Rp 1 triliun

Total: GBP 77 juta (Rp 1,54 triliun)

—————————————————————————————————

TOTTENHAM HOSTPUR

Davinson Sanchez Joe Rodon

GBP 42 juta/Rp 841,3 miliar GBP 11 juta/Rp 220,3 miliar

Total: GBP 53 juta (Rp 1,06 triliun)

—————————————————————————————————-

CHELSEA

Andreas Christen Thiago Silva Antonio Ruediger

Akademi Free transfer GBP 29 juta/Rp 580,9 miliar

Total: GBP 29 juta (Rp 580,9 miliar)