Beranda Olahraga Ada ”Mike Tyson” di Olimpiade

Ada ”Mike Tyson” di Olimpiade

RADAR BOGOR – Di level Olimpiade sekalipun, aksi yang tak menjunjung tinggi nilai sportivitas juga bisa terjadi. Petinju Maroko, Youness Baalla yang sedang bertarung di kelas berat tertangkap kamera hendak menggigit telinga lawannya, wakil Selandia Baru David Nyika.

Aksi culas itu terjadi pada ronde ketiga dari lima ronde yang dimainkan. Baalla yang terlihat frustrasi menghadapi serangan bertubi-tubi Nyika terlihat mencoba menggigit telinga kanan sang lawan. Mulutnya sudah mangap dan mengarah ke kuping Nyika. Untungnya, Nyika berhasil lolos dari gigitan tersebut karena secara tidak sengaja mendorong tubuh Baalla yang sedang merangkulnya.

Pantas saja jika aksi tak terpuji itu langsung mengingatkan publik pada kejadian serupa pada 1997 silam. Saat itu Mike Tyson menggigit telinga musuh bebuyutannya, Evander Holyfield, kala bertarung di MGM Grand Arena, Las Vegas, Amerika Serikat. Potongan video saat Baalla mencoba menggigit Nyika langsung tersebar di media sosial. ”Ah gila, ulangan Holyfield-Tyson. Untungnya gagal terjadi. Petinju NZ (Selandia Baru) melakukan tugas dengan baik,” cuit salah satu netizen Sesa Vensa di Twitter.

Nyika mengetahui niat curang lawannya tersebut. Tapi, dia menyayangkan wasit yang justru tidak berada di tempat yang tepat saat insiden itu terjadi. ”Kalian melihatnya? Sayang si wasit tidak. Padahal, dia orang yang paling dekat dengan kejadian,” cetus Nyika seperti dilansir Talk Sport seusai pertarungan.

Meski demikian, Nyika mengaku sama sekali tidak merasakan gigitan tersebut. Petinju 25 tahun itu mengira Baalla gagal melakukannya karena masih memakai karet pelindung gigi. Selain itu, badan Nyika licin karena keringat. ”Aku juga pernah digigit sekali sebelumnya di Gold Coast Commonwealth Games. Tapi, ayolah, ini di Olimpiade loh,” tuturnya.

Nyika yang sudah pernah meraih dua emas di Commonwealth Games memang terus menyulitkan Baalla di pertandingan yang berlangsung di Kokugikan Arena tersebut. Hasil akhir pertarungan memberikan kemenangan mutlak 5-0 untuk petinju kelahiran 7 Agustus 1995 itu. Kalau merujuk pernyataannya yang sudah dua kali digigit, barangkali Nyika bisa layak mendapatkan rekor baru. Yakni petinju yang paling sering digigit. (irr/c9/cak)