Beranda Ekonomi Sri Mulyani Ingatkan Ancaman Perubahan Iklim, Bisa Seperti Pandemi Nasional

Sri Mulyani Ingatkan Ancaman Perubahan Iklim, Bisa Seperti Pandemi Nasional

Menkeu Sri Mulyani

RADAR BOGOR, Pemerintah juga menyoroti ancaman perubahan iklim meskipun persoalan pandemi Covid-19 belum terselesaikan. Sebab, perubahan iklim akan memengaruhi perubahan secara global yang berpotensi mengganggu tatanan dunia di masa yang akan datang.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan, saat ini pemerintah dunia sedang berupaya untuk menghindari dan mengantisipasi dampak katastrofik dari perubahan iklim ini. Menurutnya, hal ini dinilai serius karena secara geografis Indonesia merupakan negara yang memiliki jumlah penduduk yang besar. Sehingga Indonesia akan menjadi negara yang diperhitungkan dan partisipasi untuk menangani risiko perubahan iklim ini.

“Sama seperti pandemi, tidak ada satu negara yang bisa escape atau bebas dari ancaman perubahan iklim ini,” ujarnya secara virtual, Selasa (27/7).

Sri Mulyani memaparkan, ancaman iklim berasal dari emisi karbon di seluruh dunia dan dihasilkan dari negara manapun. Pemerintah ingin kedudukan Indonesia diperhitungkan dalam kesiapan menghadapi hal tersebut.

“Sehingga kita tidak didikte, tapi kita justru ikut membentuk apa yang disebut tatanan global baru,” ungkapnya.

Sri Mulyani mengaku, mobilitas masyarakat yang semakin meningkat membuat penggunaan energi semakin besar dan tekanan terhadap sumber daya alam menjadi sangat nyata. Apalagi, seluruh kegiatan tersebut menghasilkan karbon CO2 yang mengancam dunia dengan kenaikan suhu.

“Dunia saat ini sedang berlomba-lomba untuk mengindarkan agar suhu dunia tidak naik 1 1/2 derajat untuk menghindarkan implikasi katastrofik dari kenaikan suhu atau temperatur dunia ini,” ucapnya.

Sri Mulyani menyebut, Indonesia tidak seharusnya dalam situasi yang selalu menunggu dan bersikap defensif. Sebab, nantinya ketika negara lain atau otoritas lain membuat regulasi, Indonesia masih belum mempersiapkan apapun.

Ia mengingatkan, ancaman dan dampak dari perubahan iklim ini adalah bencana alam yang magnitudenya diperkirakan sama dengan Covid-19. Sehingga berbagai ilmuwan dunia menggambarkan salah satunya perubahan iklim ini adalah pemanasan global.

Editor: Rany P Sinaga