25 radar bogor

5.984 Pelamar Rebutkan 591 Formasi CASN Kota Bogor

Tes-CPNS
Peserta bersiap mengikuti tes CPNS di Gedung Tegar Beriman, Kamis (6/2/2020). Nelvi/Radar Bogor
Tes-CPNS
Ilustrasi. Peserta bersiap mengikuti tes CPNS di Gedung Tegar Beriman, Kamis (6/2/2020). Nelvi/Radar Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR, Pendaftaran seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) sudah berakhir pada Senin (26/7/2021) pukul 23.59 WIB.

Berdasarkan data Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Bogor, jumlah pendaftar CASN yang terdiri dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) mencapai 5.984 orang.

“Untuk total yang mendaftar sebagai CASN Kota Bogor sebanyak 5.984 orang,” kata Kepala Bidang Formasi Data dan Penatusahaan BKPSDM Kota Bogor Aries Hendardi kepada Radar Bogor, Selasa (27/7/2021).

Menurutnya antusias pendaftar sangat tinggi karena sejak Sabtu (25/7) tercatat 4.196, dan Minggu (26/7) siang berjumlah 5.171 orang, dan saat penutupan berakhir tercatat 5.984 orang yang mendaftar.

Sementara itu, Kepala Bidang Formasi Data dan Penatusahaan BKPSDM Kota Bogor Aries Hendardi mengatakan, jumlah yang mendaftar di Kota Bogor mencapai 4.196 CPNS pada Sabtu (25/7).

Aries mengatakan, saat ini tim masih melakukan verifikasi data sehingga jumlahnya bisa saja berkurang karena akan dicek untuk mengetahui apakah memenuhi syarat atau tidak.

“Pendaftar ini sedang di verifikasi oleh tim, nanti dari sejumlah itu ada memenuhi syarat (MS) berapa dan tidak memenuhi syrat (TMS) berapa,” katanya.

Aries mengaku jumlah pendaftar yang tertera merupakan khusus pendaftar CASN lantaran untuk data Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2021 tidak dapat diakses Pemkot Bogor.

“Data itu untuk CPNS, kalau PPPK kan ngelink dan diverifikasi oleh Kemendikbud jadi gak ketahuan oleh kita berapa yang melamar dan lolos berapa,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Bogor Taufik mengatakan, proses pendaftaran CPNS dan Calon PPPK tahun 2021 sudah berakhir.

Penutupan tersebut, kata dia, lebih lama karena ada penyesuaian jadwal tahapan pelaksanaan seleksi Calon ASN yang dikeluarkan Badan Kepegawaian Negara (BKN) dengan nomor : N6201/B-KS.04/01/SD/K/2021.

Dalam surat tersebut, memberikan kesempatan yang lebih luas pada masyarakat untuk mengikuti seleksi menjadi ASN.

“Seharusnya pendaftaran di mulai 30 Juni sampai dengan 21 Juli, karena diperpanjang berakhir pada 26 Juli,” katanya.

Dengan adanya penyesuaian tersebut, kata dia, pengumuman hasil seleksi administrasi akan diumumkan pada 2-3 Agustus, dengan kesempatan masa sanggah diberikan selama tiga hari yakni 4-6 Agustus.

Taufik menambahkan, tahapan jawab sanggah diumumkan pada 4-13 Agustus dilanjutkan dengan pengumuman paska sanggah yang akan dilakukan pada 15 Agustus 2021.

Sedangkan untuk PPPK guru akan disampaikan langsung oleh Kemendikbudristek pada Agustus sampai Desember.

“Pemkot Bogor juga mengeluarkan pengumuman melalui suret wali kota dengan nomor : 800/3602 – BKPSDM/2021 tentang perpanjangan masa pendaftaran dan penyesuaian jadwal,” kata Taufik.

Menurutnya, Pemkot Bogor mendapat jatah formasi dari total 600 formasi yang diusulkan, pemerintah hanya menyetujui jatah kuota 591 formasi untuk Kota Bogor.

Rincianya, terbagi atas 257 formasi untuk CPNS dan 334 untuk PPPK.

“Untuk CPNS kebutuhan untuk tenaga kesehatan sebanyak 211 orang dan tenaga teknis sebanyak 46 orang,” kata Taufik.

Mulai dari dokter, perawat hingga bidan, yang akan ditempatkan di berbagai puskesmas se-Kota Bogor sampai di RSUD Kota Bogor.

Dari total CPNS yang tersedia, sambung dia, ada alokasi lima formasi untuk peserta difabel dan tiga formasi untuk peserta Cum Laude.

Sedangkan untuk PPPK, sambung dia, seluruhnya untuk formasi Tenaga Pendidik yang berjumlah 334 formasi.

Mulai dari guru kelas, guru agama Islam, guru Pendidikan Jasmani (Penjas), guru konseling hingga guru TIK, yang akan ditempatkan di berbagai sekolah tingkat SD dan SMP.

“Setiap informasi yang terkait dengan CPNS di lingkungan Pemkot Bogor dapat mengakses situs https:cpns.kotabogor.go.id,” pintanya.

Reporter: Dede
Editor: Rany P Sinaga