25 radar bogor

Lukaku Masuk Bidikan Chelsea

Duet penyerang Inter Milan, Lautaro Martinez dan Romelu Lukaku
Duet penyerang Inter Milan, Lautaro Martinez dan Romelu Lukaku

RADAR BOGOR – Romelu Lukaku hampir delapan tahun berpisah dengan Chelsea. Tepatnya ketika Chelsea hanya memainkannya tiga kali di awal musim 2013—2014 sebelum meminjamkannya ke Everton. Kesempatan balik ke Chelsea datang pada musim panas 2017.

Performa moncer striker yang akrab disapa Big Rom itu selama tiga musim bersama Everton membuat Chelsea yang ditangani Antonio Conte kepincut. Tawaran GBP 70 juta (Rp 1,1 triliun) lalu disodorkan The Blues kepada The Toffees.

Tetapi, Big Rom ternyata sudah punya pilihan lain. Lukaku lebih memilih merapat ke Manchester United asuhan Jose Mourinho yang berani menawarkan biaya transfer GBP 5 juta (Rp 99,5 miliar) lebih mahal alias GBP 75 juta (Rp 1,49 triliun).

Bukan hanya masalah ada tawaran lebih tinggi. Melainkan ada pertimbangan lain bagi Lukaku tidak memilih Chelsea. Seperti testimoni dari mantan bek kiri Chelsea Ashley Cole.

”Dia (Lukaku) merasa tidak pernah dihargai di sana (Chelsea),’’ ungkap Cole seperti dikutip laman Football London.

Direkrut dari RSC Anderlecht pada 2011, Lukaku yang kala itu masih berusia 18 tahun hanya mampu bertahan semusim. Bahkan, dia lebih sering bermain di tim reserve. Itulah alasan kenapa Lukaku menganggap musim debutnya bersama Chelsea tidak berkesan.

Padahal, pada musim tersebut The Blues berhasil memenangi Liga Champions di bawah tactician Roberto Di Matteo.”Itu bukan trofiku, timku yang memenangkannya,” ucap Lukaku yang memang tidak masuk skuad Chelsea dalam final di Allianz Arena tersebut.

Meski Lukaku merasa tidak pernah nyaman di Chelsea, hal itu tidak menyurutkan rencana The Blues untuk kembali menggunakan jasa top scorer sepanjang masa Belgia tersebut. Apalagi, Chelsea kini sudah tahu bagaimana cara menghargai Lukaku.

Seperti dilansir Tuttosport, Chelsea menyodorkan tawaran yang mencapai GBP 102,5 juta (Rp 2,04 triliun) kepada Inter Milan, klub Lukaku sekarang.

Tawaran yang wajar mengingat nilai pasar Lukaku sudah berbeda setelah mengantarkan Inter sebagai scudetto Serie A musim lalu. Ditambah sukses Lukaku meraih gelar most valuable player (MVP) Serie A.

Tingginya tawaran Chelsea itu tentu sangat menarik bagi Inter yang tengah sibuk menata masalah finansial. Saat ini tak ada garansi bagi siapa pun bisa bertahan di Appiano Gentile (markas latihan Inter) selama bisa memberikan pemasukan besar bagi klub. Bek kanan Achraf Hakimi adalah buktiknya seiring dilepas dengan harga fantastis, EUR 60 juta (Rp 1,02 triliun), ke Paris Saint-Germain.

Yang jadi masalah, Lukaku disebut sudah terlanjur bakal diandalkan oleh allenatore baru Inter Simone Inzaghi musim ini. Bahkan, pelatih yang akrab disapa Simo itu langsung menghubungi Lukaku begitu dia ditugasi untuk menggantikan Conte per 1 Juli lalu.

Di sisi lain, Chelsea sedang getol mencari tukang gedor baru seiring tidak puas dengan performa Timo Werner. The Blues semula mendekati Erling Haaland (Borussia Dortmund) hingga Robert Lewandowski (Bayern Muenchen). Tapi, dua bomber terbaik Bundesliga tersebut masih dipertahankan oleh klub masing-masing. (ren/dns)