Beranda Berita Utama Hanya 16 Daerah di Jawa Barat yang Menerapkan PPKM Level 4

Hanya 16 Daerah di Jawa Barat yang Menerapkan PPKM Level 4

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengunjungi RSUD Cibinong. foto : Hendi / Radar Bogor

BANDUNG-RADAR BOGOR, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menuturkan, ada 11 daerah yang menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 usai Presiden Joko Widodo memperpanjang PPKM hingga 2 Agustus.

Sedangkan 16 daerah lain tetap menerapkan PPKM level 4. Menurut Ridwan Kamil, daerah yang menerapkan PPKM level 3 akan ada sejumlah penyesuaian mengenai pembatasan.

”Tentunya yang pertama PPKM level sudah diumumkan Presiden dan sudah mulai penerapan PPKM di level yang lebih rendah, yaitu level 3, level 2, dan level 1,” kata Ridwan Kamil seperti dilansir dari Antara usai meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Universitas Muhammadiyah, Kota Bandung, Senin (26/7).

Adapun 11 daerah yang menerapkan PPKM level 3 yakni Kabupaten Sukabumi, Subang, Pangandaran, Majalengka, Kuningan, Indramayu, Garut, Cirebon, Cianjur, Ciamis, dan Kabupaten Tasikmalaya.

Gubernur menuturkan, berdasar laporan pemerintah pusat, sebenarnya ada 13 daerah di Jabar yang masuk level 3. Namun, dua daerah lain, yakni Kabupaten Bandung Barat dan Kota Cimahi, tetap menerapkan PPKM level 4 karena berada dalam aglomerasi Bandung Raya.

”Jabar sebenarnya ada 13 daerah yang sudah masuk ke PPKM level 3, terbanyak di seluruh pulau Jawa-Bali. Tapi, yang diizinkan ke level 3 hanya ada 11 daerah. Karena Kota Cimahi dan Bandung Barat masuk ke wilayah aglomerasi Bandung Raya diarahkan melakukan PPKM level 4,” terang Ridwan Kamil.

”Jadi kalau ditanya berapa sebenarnya total level 3 di Jabar, merupakan provinsi paling banyak Alhamdulillah, ada 13 daerah,” kata dia.

Selain itu, Ridwan Kamil mengatakan, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Jabar menemukan korelasi cakupan vaksinasi dengan tingkat kematian. Dua daerah yang cakupan vaksinasi Covid-19 di atas 30 persen, yakni Kota Bandung dan Kota Cirebon, memiliki tingkat kematian yang rendah. Sedangkan enam daerah dengan cakupan vaksinasi Covid-19 terendah di Jabar mempunyai tingkat kematian yang tinggi.

”Kami mendapatkan sebuah kesimpulan, ada daerah-daerah yang tingkat kematiannya rendah kalau cakupan vaksinasi Covid-19 tinggi, yaitu Kota Cirebon dan Kota Bandung. Dua kota ini tingkat vaksinasinya sudah di atas 30 persen dan tingkat kematiannya sangat rendah,” ujar Ridwan Kamil.

”Oleh karena itu, kesimpulan bahwa vaksinasi tinggi akan membuat penyembuhan dan keselamatan jiwa lebih baik itu yang akan terus kita dorong,” tambah dia.

Sumber: JawaPos.Com
Editor: Alpin