25 radar bogor

Pasien Covid-19 Antre Menunggu Giliran Masuk ICU RSUD Ciawi

Pasien mendapatkan perawatan di RSUD Ciawi. Arifal/Radar Bogor
Pasien mendapatkan perawatan di RSUD Ciawi. Arifal/Radar Bogor

CIAWI-RADAR BOGOR, Salah seorang keluarga pasien positif Covid-19, AA (48) tak bisa berbuat banyak. Ia belum bisa membawa ibunya ke rumah sakit.

Dia hanya mengandalkan tabung oksigen ukuran 1m3 (satu meter kubik) untuk merawat ibunya di rumah. “Masih antre untuk masuk ICU. Penuh semua,” ujar warga Ciawi itu kepada Radar Bogor, Jumat (23/7/2021).

Ia meminta agar masyarakat disiplin dalam menerapkan prokes (protokol kesehatan). “Saya harap masyarakat disiplin Prokes lah. Pakai masker kalau mau kemana-mana,” pintanya.

Kondisi serupa juga dialami belasan warga yang terkonfimasi positif Covid-19 bergejala berat lainya. Mereka harus mengantre untuk bisa mendapatkan perawatan di ruang ICU RSUD Ciawi karena terbatas.

RSUD Ciawi

Direktur Utama RSUD Ciawi, dr Tsani memaparkan, ICU Covid-19 di RSUD Ciawi hanya ada sepuluh BED. “Itu penuh semua,” katanya kepada Radar Bogor, Jumat (23/7/2021).

Sementara itu untuk daftar tunggu ICU hingga Jumat (23/7/2021) pukul 10.30 WIB ada belasan orang. “Daftar tunggu ICU Covid, dengan kapasitas 10 bed ICU saat ini penuh, sedangkan antrian masuk ICU Covid ada 14 pasien,” tururnya.

Ia meminta agar masyarakat disiplin menjalankan prokes. Mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker dengan benar, menjaga jarak, mengurangi mobilitas. “Prokes diperkuat lagi. Kondisi masih seperti ini,” tukasnya. (all)