25 radar bogor

Kemenhan Borong 6 Jet Tempur dari Korea Selatan

Menhan Prabowo Subianto
Menhan Prabowo Subianto

JAKARTA-RADAR BOGOR, Korea Aerospace Industries (KAI) dikabarkan telah mengumumkan penandatanganan kontrak pengadaan pesawat tempur dengan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kemhan RI). Adapun pembelian ini berupa jet tempur taktis atau latih tempur T-50i sebanyak 6 unit.

“Untuk memenuhi permintaan dan kebutuhan TNI AU, pada tahun 2021, Kementerian Pertahanan melanjutkan kerjasama tersebut dengan rencana penambahan 6 unit Pesawat Tempur T-50i dengan KAI,” kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kemhan RI, Marsma TNI Penny Radjendra dalam keterangan tertulis, Kamis (22/7).

Penny menjelaskan, Kemhan RI telah melakukan kerjasama dengan KAI sejak 2014. Saat itu, tepatnya pada awal 2014, Kemhan pertama kali menerima 16 Unit Pesawat T-150i dari KAI Korea Selatan.

Karena itu, pengadaan 6 unit lagi kali ini merupakan kontrak yang kedua. Sekaligus kelanjutan kerja sama dengan perusahaan Korea Selatan tersebut.

“Proses pengadaan enam unit T-50i telah melalui prosedur dan aturan yang berlaku dengan melibatkan Kementerian atau Lembaga terkait dengan mengedepankan aspek efisiensi, efektivitas, transparansi dan akuntabilitas sehingga objektivitas dalam setiap tahapan proses kontrak dapat dipertanggung jawabkan,” imbuh Penny.

Pengadaan 6 unit Pesawat T-150i dari KAI ini juga dilaksanakan dengan tetap memperhatikan optimalisasi pemanfaatan komponen industri dalam negeri untuk mendukung penguatan industri strategis dalam negeri.

Pengadaan Pesawat T-50i merupakan upaya Kemhan RI untuk memenuhi kebutuhan yang bersifat strategis bagi TNI AU dalam rangka menyiapkan penerbang-penerbang tempur yang handal. Juga untuk menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI.

Sumber: JawaPos.Com
Editor: Alpin