Beranda Bogor Raya Dapat Anggaran Samisade, Desa Tapos 2 Fokus Bangun Akses Pertanian

Dapat Anggaran Samisade, Desa Tapos 2 Fokus Bangun Akses Pertanian

Dapat Anggaran Samisade, Desa Tapos 2 Fokus Bangun Akses Pertanian

TENJOLAYA-RADAR BOGOR, Menjadi salah satu desa yang mendapatkan bantuan keuangan infrastruktur Satu Miliar Satu Desa (Samisade), Desa Tapos 2 di Kecamatan Tenjolaya fokuskan untuk pengaspalan jalan akses pertanian.

Pasalnya, jalan yang menghubungkan ke Desa Cibitung Tengah itu sebelumnya dalam kondisi rusak parah sejak lama.

Kepala Desa Tapos 2 Puad Wahyudi mengungkapkan, awalnya Jalan KH. Marga Yusa itu hanya untuk jalan setapak. Dengan adanya program tersebut, jalan tersebut kini diperlebar hingga dapat dilalui kendaraan roda empat.

“Anggaran Samisade kita gunakan untuk pengaspalan Jalan KH Marga Yusa sepanjang 1.200 meter dengan lebar 2,5 meter,” ujarnya usai melaunching program Samisade di desanya (22/7/2021).

Dengan begitu, sambung Puad, peningkatan jalan tersebut diharapkan mampu menopang dan mendorong perekonomian warga khusunya di sektor pertanian.

Dalam pengerjaannya pun, Puad memastikan, melibatkan warga desanya. Menurutnya, hal itu sesuai dengan instruksi Bupati Bogor untuk menggunakan pola padat karya dalam menyerap anggaran Samisade.

Di tempat yang sama, Ketua RW 01 Deden mengaku, adanya program Samisade tidak hanya membuat Infrastruktur jalan yang memadai, namun juga keterlibatan warga sedikitnya membantu perekonomian di masa pandemi Covid-19.

“Dampak yang terasa perekonomian warga bisa meningkatkan dan akses pertanian warga jadi mulus,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Tenjolaya Farid Ma’ruf mengatakan, ada dua desa di wilayahnya yang telah mendapatkan program samisade yakni Desa Tapos 1 dan Desa Tapos 2.

Sebagai pengawas program, pihaknya pun terus memonitoring proses pembangunan yang telah berjalan tersebut.

“Kita berharap, program samisade yang digelontorkan oleh Bupati ke Desa, membuat desa menjadi maju dan berkembang,” harapnya.

Reporter: Septi
Editor: Rany P Sinaga