Beranda Bogor Raya Belum Dapat Bantuan Ambulance, Warga Terpaksa Sewa Mobil Angkutan

Belum Dapat Bantuan Ambulance, Warga Terpaksa Sewa Mobil Angkutan

Belum Dapat Bantuan Ambulance, Warga Terpaksa Sewa Mobil Angkutan

LEUWILIANG-RADAR BOGOR, Tak memiliki mobil ambulance, Pemerintah Desa Barengkok sewa mobil angkutan untuk antar warga ke rumah sakit. Beberapakali mengajukan ke berbagai pihak, namun kepala desa mengaku belum juga mendapatkan bantuan kendaraan penyelamat nyawa.

“Kita sampai sewa mobil BL (angkutan rute Barengkok – Leuwiliang) untuk keperluan mendesak seperti warga yang mau ke rumah sakit,” ujar Kepala Desa Barengkok Yulisdawati saat menunjukan mobil angkutan yang dimaksud (21/7/2021).

Jika rumah sakit yang dituju sedikit lebih jauh, pihaknya terpaksa menyewa kendaraan yang lebih nyaman untuk membawa warga yang sakit.

universitas nusa bangsa bogor

Lisda, sapaan akrabnya, mengatakan, hal itu dilakukan semenjak dirinya menjabat sebagai kepala desa pada awal 2020 lalu.

Sebelum adanya anggaran untuk penanganan Covid-19, tak jarang dirinya harus merogoh kocek pribadi untuk menyewa mobil.

Apalagi tidak adanya mobil siaga desa memperparah kondisi tersebut di mana, kebutuhan mobil untuk membawa pasien meningkat di masa pandemi Covid-19.

Untuk diketahui, mobil siaga Desa Barengkok dinyatakan hilang pada akhir 2019 lalu dan hingga saat ini belum juga digantikan dengan yang baru.

“Kita sudah beberapakali mengusulkan tapi sampai detik ini belum terealisasi,” keluh Lisda.

Sementara itu, para RW di desanya berharap adanya mobil yang siaga setiap waktu. Namun keterbatasan anggaran membuat pemerintah desa tak sanggup untuk mengabulkan permintaan tersebut.

“Kalau tahun ini belum juga terealisasi dari pengajuan ke pihak lain, maka kita anggarkan di tahun depan dari Dana Desa, mengingat warga sangat butuh,” tandasnya.

Reporter: Septi
Editor: Rany P Sinaga