Beranda Kesehatan Kasus Covid-19 Didominasi Varian Delta

Kasus Covid-19 Didominasi Varian Delta

Ilustrasi-Corona
Ilustrasi Corona

RADAR BOGOR – Peneliti LIPI sekaligus Ketua Tim WGS SARS-CoV-2 LIPI, Sugiyono Saputra mengungkapkan, kasus Covid-19 didominasi varian Delta.

’’Sekitar 95 persen itu varian Delta,’’ katanya kemarin (19/7). Varian Delta ini telah berhasil menggeser varian lokal (B.1.466.2) yang dulu sempat mendominasi di Indonesia.

Dia menjelaskan banyaknya kasus Covid-19 varian Delta diantaranya bisa dilihat dari spesimen yang masuk ke laboratorium LIPI di Cibinong, Kabupaten Bogor.

universitas ibn khaldun uika bogor

Dia mencontohkan pada sampel yang masuk di periode 10-18 Juni dari 31 sampel dipastikan seluruhnya adalah varian Delta. Termasuk dalam data GISAID (Global Initiative od Sharing ALL Influenza Data) dalam tiga pekan terakhir juga menggambarkan dominasi varian Delta di Indonesia.

Sugiyono mengatakan, sebelumnya ketika melakukan analisis sampel dari daerah Karawang, juga muncul dominasi varian Delta.

Selain itu laboratorium LIPI saat ini sedang memeriksa sampel yang dikirim dari Kota Depok dan Purwokerto. Meskipun hasilnya belum dirilis remis, dia memperkirakan varian Delta bakal mendominasi.

’’Memang secara umum akan mengkonfirmasi hasil sebelumnya. Yaitu (dominasi, Red) varian Delta,’’ katanya.

Sugiyono mengatakan LIPI sampai saat ini memang belum melakukan penelitian secara khusus soal karakteristik varian Delta tersebut. Tetapi dia menuturkan sudah banyak literatur yang menyebutkan bahwa varian Delta dapat menurunkan efikasi vaksin Covid-19.

Sebab varian Delta tidak hanya memiliki kemampuan transmisi atau penularan yang lebih tinggi. Tetapi juga memiliki potensi untuk menurunkan atau mereduksi antibodi bagi yang sudah divaksin.

Dia menjelaskan tim di laboratorium LIPI telah berhasil mengidentifikasi sedikitnya 15 varian Covid-19 di Indonesia. Sementara secara umum di seluruh Indonesia berhasil diidentifikasi 83 varian.

’’Tetapi ada beberapa varian yang mungkin hilang atau punah,’’ jelasnya dikutip Jawa Pos.

Kepunahan varian tersebut diganti dengan munculnya varian baru. Begitupun varian mana yang mendominasi juga bisa berganti-ganti. Sebelumnya varian lokal mendominasi. Lalu sekarang diganti varian Delta. (jp)