25 radar bogor

Pembagian Sembako dari Baznas Awali Penyaluran Bansos di Sumedang

Penyaluran bantuan tersebut dilepas oleh Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir yang hadir didampingi oleh Wakil Bupati Erwan Setiawan, unsur Forkopimda dan Sekretaris Daerah Herman Suryatman, Senin (19/07), di Pendopo Setda Kabupaten Sumedang.
Penyaluran bantuan tersebut dilepas oleh Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir yang hadir didampingi oleh Wakil Bupati Erwan Setiawan di Pendopo Setda Kabupaten Sumedang.

SUMEDANG-RADAR BOGOR, Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang menyalurkan 2.770 paket Sembako dari Baznas Sumedang melalui Program Jaring Pengaman Sosial bertajuk “Sembako Nyampe Rumah” atau “Senyum” Dhuafa bagi masyarakat terdampak PPKM Darurat di Kabupaten Sumedang.

Penyaluran bantuan tersebut dilepas oleh Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir yang hadir didampingi oleh Wakil Bupati Erwan Setiawan, unsur Forkopimda dan Sekretaris Daerah Herman Suryatman, Senin (19/07), di Pendopo Setda Kabupaten Sumedang.

Pembagian tersebut mengawali pendistribusian bantuan sosial lainnya baik yang bersumber dari pemerintah pusat, pemerintah kabupaten, maupun dari desa kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

“Bansos lainnya yang akan diluncurkan dalam minggu ini ialah PKH (Program Keluarga Harapan) sebanyak 2.816 KPM, BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) Rutin 72.940 KPM, BST (Bantuan Sosial Tunai) 40.671 KPM, BPNT yang baru 80.862 KPM, Bansos Kabupaten 8.759 KPM dan BLT DD (Bantuan Langsung Tunai Dana Desa) 9.687 KPM,” ujar Bupati Dony Ahmad Munir.

Dikatakan Bupati, kegiatan tersebut sebagai bentuk ikhtiar Pemkab Sumedang untuk membantu masyarakat yang terdampak PPKM Darurat.

“Ini merupakan ikhtiar Pemkab Sumedang bagaimana negara hadir untuk membantu masyarakat terutama yang terdampak PPKM Darurat,” ucapnya.

Bupati menambahkan, Pemerintah Pusat juga akan memberikan Bansos berupa beras untuk KPM di Kabupaten Sumedang sebanyak 5 Kg untuk 3.000 KPM dan seberat 10 Kg untuk 94.813 KPM

“Rencananya Rabu (21/7) mulai akan dibagikan bantuan tunai dari APBD Kabupaten Sumedang sebesar Rp. 200 ribu,” katanya.

Sedangkan Program “Senyum Dhuafa” sendiri diantaranya bersumber dari hasil dari zakat, infaq dan sedekah ASN Kabupaten Sumedang yang dikelola oleh BAZNAS Sumedang.

“Hari ini disalurkan 2.770 paket Sembako ke 2.770 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di 277 desa/kelurahan se-Kabupaten Sumedang. Nanti menyusul paket yang sama dibagikan kepada 600 abang becak dan delman, 600 kios pasar sandang dan 400 pedagang kaki lima,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati didampingi Wakil Bupati, unsur Forkopimda dan Sekda mengecek armada beserta Sembako yang akan disalurkan. Selanjutnya Forkopimda yang dibagi ke dalam delapan tim membagikan secara simbolis semua paket Sembako ke tiap kecamatan se-Kabupaten Sumedang. (*)

Editor : Yosep