25 radar bogor

Razia Kamar Tahanan Lapas Paledang, Petugas Temukan Pisau

TELITI : Petugas saat menggeledah setiap ruangan.

RADAR BOGOR – Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Paledang, Kota Bogor kembali merazia kamar warga binaan.

Hasilnya, petugas menyita beberapa barang mulai dari penanak nasi hingga senjata tajam (sajam). Dalam razia itu, petugas menemukan alat penanak nasi hingga senjata tajam yang diduga milik tahanan.

Kalapas Kelas IIA Paledang Kota Bogor, Waskito mengatakan, razia kali ini dilakukan di kamar warga binaan blok 11A dan 12A.

Satu persatu kamar digeledah, tak terkecuali sudut setiap ruangan untuk mencari barang terlarang.

“Kegiatan ini sebagai komitmen kami bersih dari handphone, pungli dan narkoba (Halinar), juga sebagai upaya deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban,” kata Waskito, Sabtu (17/7/2021).

Saat melakukan pemeriksaan, petugas masih saja mendapati beberapa barang terlarang yang disembunyikan warga binaan. Di Kamar 11 Blok A petugas mendapati alat penanak nasi, gunting kuku, terminal listrik, alat cukur, kipas angin hingga pisau.

“Masih ditemukan barang yang dilarang, sedangkan untuk kamar 12 Blok A ditemukan asbak beling, kipas angina, sendok, gunting kuku, dan terminal listrik,” paparnya.

“Hasil razia kami diinventarisir dan didata, untuk selanjutnya dimusnahkan. Warga binaannya akan kita kenakan sanksi ketertiban,” sambung dia.

Selain razia kamar hunian, pihaknya juga secara berkala melakukan tes urine terhadap warga binaan secara acak untuk memastikan bebas dari narkoba.

“Yang jelas Lapas Bogor sampai saat ini tidak ada narkoba. Kita juga lakukan tes urin dengan sampling, terutama bagi yang mengajukan pembebasan bersyarat pasti kita tes urin,s” tukasnya.(ded)