25 radar bogor

Quarter Life Crisis : Dilema Untuk Mahasiswa dan Orang Tua

Quarter Life Crisis : Dilema Untuk Mahasiswa dan Orang Tua
Quarter Life Crisis : Dilema Untuk Mahasiswa dan Orang Tua

RADAR BOGOR, Dokes Charity Webinar Mental Health merupakan acara webinar yang dilaksanakan guna mengkampanyekan kesehatan mental sekaligus open donasi untuk membantu mahasiswa IPB yang mengalami kesulitan dalam hal pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Webinar ini membahas secara spesifik tentang pengertian kesehatan mental, dasar-dasar kesehatan mental, solusi dari permasalahan kesehatan mental dan lain-lain.

Pada kali ini Dokes Charity Webinar mengusung tema “Menghadapi Quarter Life Crisis dalam Bayangan Parenting Issues yang akan membahas tentang cara menghadapi permasalahan hidup di usia dewasa awal”.

Pada usia ini individu cenderung bingung memilih arah kehidupan. Selain itu, isu parenting yang selalu menghantui perkembangan pada usia ini haruslah memiliki berbagai strategi dalam menyelesaikannya.

Dengan demikian Kementerian Kesejahteraan Mahasiswa BEM KM IPB menginisiasi program Dokes Charity Webinar Mental Health sebagai program eventual yang dapat mengedukasi dan mengampanyekan pentingnya kesehatan mental pada keadaan online dan pasca pandemi Covid-19 saat ini sekaligus open donasi untuk membantu mahasiswa IPB yang memiliki kesulitan dalam hal pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Acara ini berlangsung pada hari Sabtu, 17 Juli 2021 pada pukul 09.00 hingga 12.00  WIB melalui media Zoom Meeting. Acara ini diselenggarakan oleh Kementerian Kesejahteraan mahasiswa BEM KM IPB 2021.

Acara ini diikuti oleh mahasiswa dan masyarakat umum dari beragam perguruan tinggi dan daerah di Indonesia. Kegiatan ini berlangsung dalam room zoom meeting. Acara ini berlangsung sebagai salah satu wujud kepedulian terhadap kesehatan mental dan kesejahteraan mahasiswa.

Pandemi membuat sebagian orang menjadi individualis dan jarang untuk memperhatikan orang sekitarnya. Pandemi membuat kita jarang berinteraksi dengan lingkungan, sehingga membuat diri penat, jenuh, hingga dapat menjadi stres bahkan depresi.

Oleh karena itu Kementerian Kesejahteraan Mahasiswa BEM KM IPB berinisiatif untuk menjalankan dan Concern pada kesehatan mental mahasiswa pada masa pembelajaran jarak jauh saat ini akibat Pandemi Covid-19.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh MC dan dilanjutkan dengan tilawah, pemutaran lagu Indonesia Raya dan Hymne IPB, dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh Presiden Mahasiswa BEM KM IPB dan sambutan dari Asisten Direktur Bidang Pembinaan Karakter, Direkorat Kemahasiswaan IPB University.

Dilanjutkan dengan pemaparan materi dengan topik “Menghadapi Quarter Life Crisis dalam Bayangan Parenting Issues yang akan membahas tentang cara menghadapi permasalahan hidup di usia dewasa awal”.

Materi ini disampaikan langsung oleh Hasan Askari, selaku CEO of PT. Ace Konsultan Indonesia. Dalam webinar ini terdapat acara simbolis penyerahan sertifikat sebagai apresiasi kepada pembicara dan moderator, diakhiri dengan penutup dan doa.

Dilanjutkan dengan sesi talkshow bersama mahasiswa yang pernah mengalami gangguan mental yang betujuan untuk memberikan pngertian kepada khalayak bahwa menjaga kesehatan mental itu begitu penting dan perlu untuk diperhatikan.

Dokes Charity webinar memberikan output peserta agar dapat memahami bagaimana menjalani hidup dengan apa adanya dan memaknai hidup secara bijak baik dalam perkataan maupun perbuatan.

“Sangat mengapresiasi acara yang diadakan oleh Kesmah BEM KM IPB yaitu Mental Health Webinar mengenai Quarter Life Crisis, bukan hanya saya bahkan peserta yg lain pun sangat merasakan solusi yang diberikan oleh bang hasan askari terkait problem yg mungkin dirasakan oleh banyak orang, seperti kebingungan akan hal yg mau dilakukan, resah, dan tidak nyamannya hati ketika bekerja dan lain sebagainya,” ungkapnya.

“Ada satu kalimat yg bisa di highlight bahwa jika kamu bekerja mengikuti panggilan hatimu, dan senang melakukannya maka kamu akan sukses dibidang itu,” tambahnya.

Editor: Rany P Sinaga