25 radar bogor

Jadi Ketum FFI, Reza Rahadian Janji Transparan Soal Keuangan

Reza Rahadian

RADAR BOGOR – Aktor Reza Rahadian naik kelas dari yang biasanya menjadi Duta Festival Film Indonesia (FFI) kini dipercaya memegang amanah dan tanggung jawab besar sebagai Ketua Umum FFI untuk periode 3 tahun ke depan.

Bintang film Habibie & Ainun itu menggantikan posisi Lukman Sardi sebagai Ketua Umum FFI.

Berbincang dengan JawaPos.com, Reza Rahadian mengungkapkan sejumlah hal yang menjadi visinya di FFI. Dia mengaku akan memperbaiki sistem yang ada baik terkait masalah penjurian dan lain-lain. Reza akan melibatkan partisipasi aktif kalangan asosiasi dalam proses seleksi film.

“Kita memperbaiki dari bawah seluruh infrastruktur yang terlibat. Kita melibatkan lebih aktif lagi peran serta asosiasi dalam menentukan film film apa saja yang akan dipilih, film apa saja yang dinilai sesuai dengan film-film yang sudah memenuhi syrat administratif yang sudah didaftarkan ke panitia FFI,” katanya melalui sambungan telepon.

Reza Rahadian juga menjanjikan adanya transparansi pengelolaan keuangan di dalam tubuh FFI. Sebab sumber pendanaan yang diterima bersumber dari negara yang harus dikelola dengan sebaik mungkin.

“Itu kan duit negara ya, itu dari APBN dan uang rakyat juga. Transparansi pengelolaan anggaran FFI saya buka kepada seluruh stakeholder yang ada di Kemendikbud. Nantinya kalau memang perlu kita akan selalu meng-update di satu folder tententu tentang laporan kegiatan dari FFI,” tuturnya.

Selain itu, Reza Rahadian juga berusaha membangun komunikasi yang baik dan intensif dengan pihak-pihak terkait supaya tidak terjadi kesalahpahaman. Hal itu mengacu pada gelaran FFI tahun-tahun sebelumnya dimana sempat terjadi miskomunikasi.

“Intinya di kepanitiaan ini saya meminta kepada seluruh anggota, saya minta setiap minggu melaporkan progres kegiatan mereka setiap hari Kamis. Supaya kita bisa update bersama sudah sampai mana nih persiapan FFI. Tidak hanya tentang malam puncak tapi juga kegiatan kegiatan yang ada kayak penjurian, memastikan komunikasi tidak terputus dengan produser dan seluruh stakeholder yang ada,” jelasnya.

Reza Rahadian bersyukur dirinya aktif terlibat dalam kegiatan FFI di tahun-tahun sebelumnya. Sehingga hal itu menjadi modal besar mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai Ketua Umum FFI untuk 3 tahun ke depan. Selain menjadi Duta FFI, ia juga sempat menjadi Ketua Bidang Acara FFI pada 2016 silam.

“Jadi saya cukup mengetahui pola pola yang sudah ada sebelumnya. Cuma kali ini tanggung jawabnya lebih besar. Visi saya FFI tahun ini sampai 3 tahun ke depan adalah memperbaiki seluruh sistem yang ada. Harapan saya kita sudah punya sistem baik yang bisa diwariskan,” ungkap Reza Rahadian.

Modal lain yang dimiliki Reza dalam mengelola dan memperbaiki FFI untuk 3 tahun ke depan adalah dengan adanya komunikasi yang sangat baik antara dirinya dengan Ketua Umum FFI sebelumnya, Lukman Sardi.

“Selama ini komunikasinya lancar ya. Mas Lukman sangat terbuka memberikan masukan, atau saya bertanya tentang FFI sebelumnya. Mas Lukman juga kita undang saat FGD. Karena gimana pun Mas Lukman ketua FFI selama 4 tahun,” tandas Reza Rahadian. (jpc)