25 radar bogor

Anggota Kopassus Tembak Mati 2 DPO Teroris MIT, Berikut Kronologinya

Prajurit TNI Komando Operasi Gabungan Khusus (Koopsgabssus) Tricakti usai melakukan penyergapan teroris MIT Poso (ANTARA/HO-Puspen TNI)
Prajurit TNI Komando Operasi Gabungan Khusus (Koopsgabssus) Tricakti usai melakukan penyergapan teroris MIT Poso (ANTARA/HO-Puspen TNI)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Satgas Madago Raya berhasil menyergap markas persembunyian Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Ali Kalora. Dalam penyergapan itu, 2 orang Daftar Pencarian Orang (DPO) teroris ditembak mati.

Panglima Komando Operasi Gabungan Khusus (Koopsgabssus) Tricakti Mayjen TNI Richard T.H. Tampubolon mengatakan, penyergapan dipimpin oleh Lettu (Inf) David Manurung dengan 4 anggotanya dari satuan Kopassus. Lokasi markas MIT ini berada di medan sulit, dan berada di dalam hutan lebat.

“Tim Tricakti berhasil mendekati camp kelompok teroris MIT secara senyap dan penuh kerahasiaan, bahkan seluruh anggota Tim harus merayap ke sasaran sejauh 500 meter sejak Sabtu (10/7) pukul 22.00 WITA sampai dengan penyergapan pada Minggu (11/7) pukul 03.00 WITA,” kata Richard dalam keterangan tertulis, Senin (12/7).

Tim penyergap berhasil mendeteksi ada 5 anggota MIT dalam kondisi istirahat di dalam markas tersebut. Setelah dipastikan mereka benar sebagai DPO MIT, Lettu David Manurung memerintahkan untuk membuka tembakan guna melumpuhkan teroris tersebut. Petugas pun berhasil menembak mati dua orang yakni Rukli dan Ahmad Panjang.

“Dalam peristiwa penyergapan ada sekitar lima orang kelompok teroris MIT sedang beristirahat, dengan tewasnya dua orang tersebut diduga ada juga yang melarikan diri,” jelas Richard.

Richard menyakini jika 3 DPO lainnya melarikan diri ke dalam hutan. Dia juga memperkirakan mereka dalam keadaan terluka karena ditemukan bekas ceceran darah di sekitar TKP.

Sebelumnya, Satuan Tugas Madago Raya, gabungan personel TNI/Polri terlibat insiden kontak tembak dengan kelompok Daftar Pencarian Orang (DPO) Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso, Sulawesi Tengah.

Berdasarkan informasi yang diterima, kontak tembak tersebut mengakibatkan 2 orang DPO MIT Poso tewas. Lokasi kontak tembak terjadi di wilayah Pegunungan Tokasa, Tanah Lanto, Torue, Kabupaten Parimo, Sulawesi Tengah, Minggu (11/7), sekitar pukul 03:00 WITA.

Sumber: JawaPos.Com
Editor: Alpin