25 radar bogor

Hari Bhayangkara, Bupati Bogor dan Kapolres Bogor Berikan Sapi dan Kambing untuk Pemenang Lomba PPKM Mikro

Hari Bhayangkara, Bupati Bogor dan Kapolres Bogor Berikan Sapi dan Kambing untuk Pemenang Lomba PPKM Mikro
Hari Bhayangkara, Bupati Bogor dan Kapolres Bogor Berikan Sapi dan Kambing untuk Pemenang Lomba PPKM Mikro

CIBINONG-RADAR BOGOR, Hari ini (1/7/2021), Bupati Bogor Ade Yasin, Kapolres Bogor AKBP Harun beserta jajaran anggota Polres Bogor mengikuti upacara peringatan Hari Bhayangkara Ke-75 secara virtual yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo.

Hari Bhayangkara tahun ini, selain melaksanakan upacara, Polres Bogor juga mengumumkan pemenang lomba PPKM Mikro antar Desa. Lomba ini bertujuan agar Aparat Desa dan masyarakat termotivasi untuk menjalankan protokol kesehatan dengan penuh dedikasi dan menciptakan berbagai inovasi penanganan Covid-19 di tingkat desa.

“Tadi bersama Pak Kapolres Bogor memberikan penghargaan kepada 10 desa yang menjadi juara terbaik dengan berbagai kategori dalam pelaksanaan PPKM, spesial untuk juara 1 kami berikan sapi, sedangkan juara 2 dan 3 kami berikan kambing,” kata Bupati Bogor Ade Yasin.

Sepuluh Desa yang mendapatkan nilai tertinggi se-Kabupaten Bogor dalam pelaksanaan PPKM Mikro yaitu, Juara 1 Kelurahan Tengah Kecamatan Cibinong, Juara 2 Desa Cipayung Kecamatan Megamendung, Juara 3 Desa Kalong Liud Kecamatan Nanggung, Juara 4 Desa Mekarsari Kecamatan Rumpin, Juara 5 Desa Babakan Raden Kecamatan Kecamatan Cariu, Juara 6 Desa Pagelaran Kecamatan Ciomas, Juara 7 Lemahduhur Kecamatan Caringin, Juara 8 Desa Jampang Kecamatan Kemang, Juara 9 Desa Pamagersari Kecamatan Jasinga, Juara 10 Desa Bantarsari Kecamatan Rancabungur.

“Semoga penghargaan ini bisa menambah semangat bagi Kepala Desa dan Bhabinkamtibmas maupun Babinsa dalam menangani pandemi di level paling bawah khususnya pada pemberlakuan PPKM Mikro darurat yang akan dilaksanakan tanggal 3 Juli sampai 20 Juli 2021,” tegas Bupati Ade Yasin usai rapat koordinasi virtual dengan jajaran menteri.

Ade Yasin yang juga sebagai Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor menegaskan untuk menekan angka ketertularan virus Covid-19 memang perlunya sinergi dan kerjasama yang baik antara Kepala Desa, Bhabinkantimbas dan Babinsa. Kekompakan mereka juga merupakan indikator penilaian dalam lomba PPKM.

“Sampai saat ini kita masih melaksanakan PPKM Mikro ya, ketika Pemerintah Pusat sudah memutuskan wilayah Kabupaten Bogor darurat, kita siap, kita telah persiapkan segala sesuatunya,” pungkas Bupati Ade Yasin.

Kapolres Bogor AKBP Harun juga menjelaskan kriteria terkait pemenang lomba PPKM, mulai dari koordinasi dan komunikasi aparat desa dengan masyarakat, bagaimana peralatan dan perlengkapan dalam pelaksanaan PPKM itu sendiri, dan bagaimana implementasi masyarakat di daerah itu sendiri.

Beliau juga menambahkan dan mengatakan, melihat kondisi hari ini yang angka kasusnya semakin tinggi, maka kesadaran untuk menjalankan PPKM Mikro harus kita perketat kembali. Begitu juga dengan kesadaran masyarakat untuk melaksanakan 5M.

“Bukan hanya dianjurkan, tetapi benar-benar masyarakat melaksanakan 5M, menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas,” pungkas Kapolres Bogor.

Editor: Rany P Sinaga