25 radar bogor

Salah Pasang Tabung Gas, Satu Warung di Kebon Pedes Ludes Terbakar

Satu warung di Kelurahan Kebon Pedes, Kota Bogor, ludes terbakar pada Kamis (24/6/2021).
Satu warung di Kelurahan Kebon Pedes, Kota Bogor, ludes terbakar pada Kamis (24/6/2021).

BOGOR-RADAR BOGOR, Hati-hati jika ingin mengganti tabung gas di dapur Anda. Salah pasang bisa berakibat fatal, seperti yang terjadi di Kelurahan Kebon Pedes, Kecamatan Tanahsareal, Kota Bogor, Kamis (24/6).

Sebuah warung burger di RT 08/ RW 03 terpaksa harus ludes dilalap si jago merah. Kebakaran terjadi di sela-sela mengganti tabung gas. Salah seorang karyawan warung mengganti tabung gas itu dengan tabung baru.

Sayangnya, tanpa disadari karyawan tersebut, tabung melon mengalami kebocoran. Percikan api langsung mengakibatkan api berkobar di dalam warung. Tak ayal, api menyambar seluruh bagian dapur hingga atap warung tersebut.

Kabid Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Bogor, Mochamad Ade Nugraha menjelaskan, kejadian itu berlangsung tak terduga. Api langsung melahap seisi warung di dekat perlintasan rel kereta itu.

Kobaran tersebut sempat membuat warga sekitar khawatir akan menjalar ke warung sebelahnya. Sebanyak 4 unit armada damkar pun langsung diterjunkan ke lokasi.

“Beruntung api bisa dilokalisir, sehingga tidak menyebar. Pemadaman berlangsung hanya 10 menit,” tandasnya kepada Radar Bogor, Kamis (24/6).

Meski begitu, tak ada korban jiwa dalam kejadian nahas tersebut. Salah seorang karyawan, disebutkannya, sempat tersambar api. Namun, tak sampai luka parah.

Kejadian itu pun membuatnya kembali mengingatkan masyarakat agar berhati-hati. Kejadian kebakaran nyaris selalu berakar dari penyebab yang sama, tabung gas.

“Kita selalu selalu kita sampaikan, hati-hati dalam menggunakan tabung gas. Pastikan tidak ada kebocoran sebelum digunakan. Ada bunyi desis atau tercium bau menyengat dipastikan ada kebocoran,” tegas lelaki yang akrab disapa Mochaden ini. (mam)

Reporter: Imam Rahmanto
Editor: Alpin