25 radar bogor

Siap-siap, Pemkot Bogor Terapkan Kembali Ganjil Genap Pekan Ini

Ilustrasi PPKM Jawa-Bali
Ilustrasi PPKM Jawa-Bali
Petugas Dishub Kota Bogor saat mengatur kendaraan yang masuk ganjil genap.

BOGOR-RADAR BOGOR, Penambahan kasus Covid-19 di Kota Bogor masih diangka raturan pasien setiap harinya. Hal tersebut membuat Wali Kota Bogor Bima Arya memilih untuk melanjutkan kebijakan ganjil genap.

“Kebijakan ganjil genap akan terus dilanjutkan, karena efektif mengurangi mobilitas warga,” katanya melalui media sosialnya, Selasa (22/6/2021).

Bima menyebut, ganji genap bukan untuk kelancaran lalu lintas di pusat kota saja tetapi untuk mengurangi adanya mobilitas warga.

“Tetapi sekali lagi untuk mengurangi mobilitas dari warga,” tegasnya.

Seperti diketahui, pada Sabtu (19-20/5/2021) kemarin, kebijakan ganjil genap sudah kembali diberlakukan.

Ribuan berbagai jenis kendaraan bermotor, sejak Sabtu (19/6) hingga Minggu (20/6) dipaksa putar balik oleh petugas selama dua hari penerapan sistem ganjil-genap di Kota Bogor.

Berdasarkan data petugas, pada hari pertama sejak pukul 10.00 WIB hingga 16.00 WIB ada 4.603 kendaraan yang diputar balik dengan rincian 1.711 kendaraan roda empat dan 1.632 kendaraan roda dua.

Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari lima check point yang tersebar di Kota Bogor. Sedangkan pada hari kedua, sebanyak 2.197 kendaraan roda dua dan 2.279 kendaraan roda empat yang diputar balik.

Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Susatyo Condro Purnomo mengungkapkan, alasan kembali diberlakukannya aturan ganjil genap adalah kondisi di Kota Bogor saat ini berada pada garis bawah zona orange.

Dengan adanya ganjil genap, Susatyo berharap dapat menekan peningkatan angka Covid-19 di kota Bogor.

“Penerapan ganjil genap ini hanyalah salah satu dari berbagai poin yang telah diputuskan oleh satgas Covid-19 Kota Bogor untuk menekan angka Covid-19 yang saat ini sedang meningkat,” ucapnya.

Reporter: Dede
Editor: Rany P Sinaga