25 radar bogor

Rehab Jembatan Pancasila Desa Sipak, Jasinga Pakai Program Samisade

Rehab Jembatan Pancasila Desa Sipak, Jasinga Pakai Program Samisade
Rehab Jembatan Pancasila Desa Sipak, Jasinga Pakai Program Samisade

JASINGA-RADAR BOGOR, Dorong Jembatan Pancasila jadi icon desa, Pemerintah Desa Sipak, Kecamatan Jasinga gunakan program Satu Miliar Satu Desa (Samisade) untuk rehabilitasi infratruktur penyebrangan Sungai Cidurian tersebut.

Jembatan penghubung antara Kampung Sipak I dengan Kampung Sipak II itu juga diharapkan mampu mendongkrak perekonomian warga desa ke depan.

“Ada sekitar seribu warga yang memanfaatkan jalan tersebut, terdiri dari RW 1, 2 dan RW 3,” ujar Kepala Desa Sipak Agung Suryadinata saat launching program Samisade di Jembatan Pancasila pada Rabu, (23/6/2021).

Menurutnya, pembangunan jembatan sepanjang 68 meter dengan lebar 3,5 meter dan tinggi 7,5 meter itu, bakal menggunakan padat karya yang artinya melibatkan warga sekitar. Dengan target rampung dalam waktu 90 hari kerja.

Agung memastikan, program samisade akan dimanfaatkannya dengan baik sesuai dengan tujuan Bupati Bogor dalam upaya pemulihan ekonomi sekaligus mempercepat pencapaian Sustainable Development Goals (SDG’s) Desa.

Alumni Kampus Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor itu berharap rehabilitasi jembatan pancasila dapat meningkatkan mobilitas perekonomian warga dengan semakin mudahnya akses jalan penghubung antar kampung.

“Dan semoga pelaksanaan pembangunan infrastruktur melalui program ini dapat mengcover semua pembangunan sesuai ajuan dan tepat waktu pembangunannya,” harap Agung.

Selain iconik, jembatan pancasila juga memiliki potensi wisata mengingat berada di atas Sungai Cidurian.

“Kita juga dorong untuk memanfaatkan potensi wisata yang ada di jembatan pancasila,” pungkasnya.

Reporter: Septi
Editor: Rany P Sinaga