25 radar bogor

Republik Ceko vs Inggris : Konfrontasi Tandem Serasi The Hammers

Declan Rice

RADAR BOGOR – Duo West Ham United, Declan Rice (22) dan Tomas Soucek (26), diklaim sebagai double pivot terbaik di Premier League musim lalu (2020—2021).

Soucek malah berhasil menjadi pendulang gol terbanyak West Ham dengan 10 gol. Bersanding dengan striker Michael Antonio. Sampai-sampai Rice menjuluki Soucek sebagai Soucekdinho.

Tomas Soucek

Koneksi apik Rice dan Soucek membawa klub berjuluk The Hammers itu

finis enam besar di Premier League. Capaian terbaik klub sejak 1998—1999 atau ketika The Hammers yang diperkuat Rio Ferdinand, Frank Lampard, serta duet striker Ian Wright dan Paolo Di Canio finis kelima.

Rice-Soucek dianggap membawa keseimbangan permainan dalam cara menyerang dan bertahan West Ham. Diferensiasi gol The Hammers musim lalu, surplus 15 gol (62-47), merupakan yang terbaik selama partisipasi klub asal London Timur itu di era Premier League.

”Declan dan Tomas seperti sudah bermain bersama sejak lama. Mereka punya chemistry yang bagus,” kata kapten sekaligus gelandang West Ham Mark Noble seperti dilansir di laman resmi klub.

Performa moncer Rice-Soucek membuat Noble harus mengakrabi bangku cadangan sepanjang musim lalu.

Dini hari nanti, Rice dan Soucek berada di lapangan yang sama dalam matchday ketiga grup D Euro 2020.

Bukan dalam tim yang sama, melainkan berseberangan. Rice bersama Inggris dan Soucek membela Republik Ceko dalm duel di Wembley Stadium (siaran langsung RCTI/iNews/ON Channel HD/Soccer Channel/Mola TV pukul 02.00 WIB).

Selain Rice dan Soucek, masih ada penggawa The Hammers lainnya dalam laga dini hari nanti. Yaitu bek kanan Vladimir Coufal yang membela Ceko.

”Kalian berdua (Soucek dan Coufal, Red) tidak akan bisa mengalahkanku,” ucap Rice menebar psywar seperti dilansir Football London.

Kepada Sport, Soucek membalas psywar Rice dengan mengungkit pertemuan terakhir kedua tim dalam kualifikasi Euro 2020 di Sinobo Stadium, Praha, dua tahun lalu.

Saat itu, Soucek dan Coufal yang jadi pemenang setelah menekuk Rice dan The Three Lions dengan skor 2-1.

”Saya dengar mereka (Inggris) sedang mempersiapkan diri dengan sangat serius untuk kami dan menganggap kami sebagai lawan yang hebat,’’ tutur Soucek.

Entah karena sudah sehati di West Ham, baik Rice maupun Soucek tidak menemukan partner pivot yang serasi di timnas. Rice yang selalu dipasangkan dengan Kalvin Phillips (Leeds United) memang lumayan solid dengan membuat pertahanan Inggris belum kebobolan dalam dua matchday.

Tetapi, ada sinyalemen kalau tactician Gareth Southgate ingin mengganti Phillips dengan kapten Liverpool FC Jordan Henderson untuk laga dini hari nanti.

Sementara Soucek dipasangkan dengan pemain yang berbeda dalam starting XI Narodak di dua matchday sebelumnya. Masing-masing dengan gelandang muda (23 tahun) Alex Krai saat melawan Skotlandia (14/6) lalu bersama Tomas Holes (29 tahun) kontra Kroasia (18/6).

”Declan berada dalam timnas yang disebut sebagai salah satu favorit (juara) di Euro tahun ini. Mereka memang belum meyakinkan (dalam dua laga sebelumnya, Red), tetapi tetap punya potensi hebat,” beber Coufal yang sudah seklub dengan Soucek sejak bermain di Slavia Praha tersebut. (ren/dns)

— Line up —

Republik Ceko (4-2-3-1): 1-Vaclik (g); 5-Coufal, 3-Celustka, 6-Kalas, 18-Boril; 15-Soucek, 9-Holes; 12-Masopust, 8-Darida (c), 14-Jankto; 10-Schick

Pelatih: Jaroslav Silhavy

Jersey pemain: Merah dengan biru di leher dan pinggiran lengan

Jersey kiper: Kuning

 

Inggris (4-2-3-1): 1-Pickford (g); 2-Walker, 5-Stones, 6-Maguire, 3-Shaw; 4-Rice, 8-Henderson; 19-Mount, 7-Grealish, 11-Rashford; 9-Kane (c)

Pelatih: Gareth Southgate

Jersey pemain: Putih

Jersey kiper: Hijau

 

Wasit:

Artur Soares Dias (Portugal)

 

Stadion: Wembley, London

 

Siaran Langsung:

RCTI/iNews/ON Channel HD/Soccer Channel/Mola TV pukul 02.00 WIB