Beranda Bogor Raya Kunjungi Apdesi Rumpin, HMR Minta Dilibatkan di Pemerintahan Desa

Kunjungi Apdesi Rumpin, HMR Minta Dilibatkan di Pemerintahan Desa

DIALOG : Ketua Umum HMR, Ibnu Sakti Mubarok berdiskusi dengan Ketua Apdesi Rumpin Mad Harun.

RADAR BOGOR – Himpunan Mahasiswa Rumpin (HMR) meminta, pemerintah desa lebih melibatkan peran masyarakat dan mahasiswa dalam setiap persoalan dan program.

Hal itu ,disampaikan HMR saat bersilaturahmi dengan Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kecamatan Rumpin Senin, (21/6/2021) kemarin.

“Kami sampaikan agar pemdes bisa memberi kesempatan kepada teman – teman mahasiswa untuk terlibat aktif di desa,” ucap Ketua Umum HMR, Ibnu Sakti Mubarok kepada Ketua Apdesi Rumpin Mad Harun.

universitas nusa bangsa bogor

Menurutnya, peranan mahasiswa sebagai agen sosial kontrol perlu dilibatkan dalam tata kelola program yang dijalankan pemdes.

Terlebih, menjadi mitra bagi pemdes dalam hal kebijakan dan berbagai program pembangunan serta kritik konstruktif pada keberlangsungan pemerintah.

“Instrumen pembangunan itu, tidak semata-mata hanya dalam pembangunan fisik tapi juga dalam hal pembangunan sumber daya manusia. Sehingga, terbentuk sebuah keseimbangan pembangunan lahir dan batin,” tutur Ibnu.

Sementara itu, Ketua Apdesi Kecamatan Rumpin, Mad Harun mengapresiasi, adanya himpunan kemahasiswaan di Kecamatan Rumpin. Terutama, yang peduli terhadap kemajuan wilayah.

Kepala Desa Gobang ini berharap, komunikasi antara mahasiswa terus terjaga sehingga keterlibatannya dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Akan saya sampaikan hal ini kepada pemdes dan kades yang ada di Apdesi Rumpin, agar semua bisa bersinergi sekaligus menyongsong masa depan,” tandas Mad Harun.(cok/c)